MENGENAL CITA RASA ARABIKA MALABAR

Indonesia terkenal memiliki berbagai varian kopi dengan cita rasa yang khas. Salah satunya adalah Arabika Malabar. Biji kopi Malabar berasal dari daerah pegunungan Malabar, Jawa Barat. Secara geografis Wilayah Gunung Malabar sangat cocok untuk produktifitas Kopi Arabika, karena berada pada ketinggian 1400 – 1800 mdpl, dengan suhu udara 15 – 21oC, dan memiliki curah

hujan 2000 mm/tahun.

Kopi Arabika Malabar, memiliki cita rasa yang unik. Didominasi dengan warna cokelat gelap, Arabika Malabar terasa seperti rempah, kacang, sedikit manis, dan terkadang ada rasa nangka.

Arabika Malabar merupakan jenis kopi yang memiliki keasaman medium hingga atas. Tingkat keasaman pada kopi ini dapat di pengaruhi beberapa faktor seperti, tempat tanaman kopi tersebut tumbuh, dan juga cara pengolahan biji kopi tersebut. Biji kopi yang diolah secara basah akan memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan biji kopi yang diolah secara kering. Selain itu, suhu pemanggangan, jenis pemanggang, dan metode seduh juga berpengaruh pada tingkat keasaman dari kopi.

Proses pemetikan buah kopi juga sangat diperhatikan. Buah kopi dipetik pada saat buah berwarna merah seluruhnya. Petani kopi di kawasan ini selalu memperhatikan biji-biji kopi yang mereka petik, sehingga rasa kopi yang dihasilkan sangat nikmat.

Petani kopi Arabika Malabar melakukan proses pasca panen dimulai dari sortasi buah kopi, pengupasan, pencucian, pengeringan sampai menghasilkan greenbeans menggunakan Standar Operasional Baku Industri dengan pengawasan terkontrol tenaga ahli. Penyimpanan biji kopi didalam gudang juga selalu dimonitor terutama kadar air dalam kopi, kelembaban, dan kebersihan gudang.

Arabika Malabar memang memiliki aroma dan cita rasa yang tajam dan menggugah selera. Kopi ini juga memiliki body (tingkat kepekatan) yang ringan dan menyegarkan setelah diminum. Tidak ada rasa pahit yang ditinggalkan setelah Anda meminumnya. Sehingga banyak orang yang merasa ketagihan setelah minum kopi ini. Selain mudah didapatkan, kopi malabar juga aman untuk dikonsumsi.
Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik : 

  

 

 

 

Source: bp-guide.id

Leave a Reply

WhatsApp chat