KERJASAMA COFFEELAND INDONESIA DENGAN PT. FREEPORT INDONESIA DI TIMIKA

 

Amungme Gold adalah salah satu kopi ternama yang berasal dari Papua. Kopi Amungme Gold berasal dari varietas kopi arabika yang telah dibudidayakan di dataran tinggi Papua. Tepatnya, di ketinggian 1.400–2.000 meter di Gunung Nemangkawi.

Masyarakat Amungme mengenal bibit kopi ini sejak tahun 1998 atas dukungan PT. Freeport Indonesia melalui program Highland Agriculture Development (HAD) dengan membuka perkebunan kopi di dataran tinggi. Awalnya, bibit kopi dibawa dari sekitar Nabire atau Paniai.

Tanaman kopi ditanam di empat lembah yang dihuni masyarakat Amungme di Papua, yaitu Hoeya, Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop. Kopi Amungme memiliki cita rasa yang khas dengan kualitas pemium, karena diproses dan diolah dengan cara organik. Dengan proses budidaya dan lokasi yang tepat, kopi arabika Amungme dapat dipanen 1–2 kali dalam sebulan.

Meski berada di lokasi yang terbilang sulit dijangkau, kualitas kopi Amungme Gold tetap dapat dipertahankan dengan baik dalam proses pendistribusiannya. Setelah kopi ini panen, kopi langsung dibawa menggunakan helikopter menuju pabrik pengolahan di Timika.

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyediakan helikopter untuk proses pengangkutan hasil panen kopi ke tempat prosesing kopi di Timika. Hal ini memberikan efisiensi waktu dalam proses pengolahan biji kopi Amungme.

Pada tanggal 21 April 2022, Coffeeland Indonesia telah menjajaki kerjasama dengan PT. Freeport Indonesia di Timika, untuk program “Rumah Kopi” di timika, kerjasama meliputi pembuatan Coffee House di Kota Timika agar Kopi “Amungme Gold” dapat dikenal lebih luas di masyarakat khususnya Papua, dan juga dikenal oleh masyarakat Indonesia.