MITOS ATAU FAKTA: KOPI BISA MEMBUAT PANJANG UMUR

 

Kopi adalah salah satu minuman yang disukai banyak orang, ini dapat dibuktikn dengan semakin banyaknya kedai kopi baru yang bermunculan.

Anda mungkin sudah mendengar banyak informasi mengenai berbagai manfaat kopi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa minum kopi dipercaya dapat membuat Panjang umur?

Ya, sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, menyatakan bahwa mengonsumsi kopi jenis espresso justru bisa membuat umur lebih panjang dan terhindar risiko penyakit kardiovaskular. Studi ini menyebutkan, konsumsi kopi tingkat sedang atau sekitar tiga hingga empat cangkir kopi espresso setiap hari dihubungkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. 

Studi ini diikuti oleh lebih dari 20 ribu orang tanpa kondisi masalah kardiovaskular atau kanker selama sekitar 8 tahun. Asupan kopi yang dikonsumsi diukur menggunakan ukuran standar cangkir kopi espresso atau sekitar 30 mililiter. 

Para peneliti mengungkapkan, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi kopi, mendapatkan asupan sekitar tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari akan menurunkan risiko kematian dari segala penyebab, terutama kanker dan masalah kardiovaskular.

Ternyata, beberapa studi lain pun memiliki anggapan yang sama. Misalnya, studi yang diterbitkan dalam PLoS Biology yang turut berpendapat bahwa Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi dengan mengonsumsi sekitar empat cangkir espresso. Pun, studi dalam jurnal JAMA Internal Medicine menyebutkan bahwa konsumsi kopi yang tidak mengandung kafein dinilai bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Studi terakhir juga menyebutkan, konsumsi kopi hingga delapan cangkir atau bahkan lebih setiap harinya memiliki kecenderungan lebih kecil terhadap kematian dibandingkan dengan orang-orang yang bukan peminum kopi. Lalu, penelitian dari New England Journal of Medicine yang turut menyebutkan adanya keterkaitan antara mengonsumsi kopi dengan risiko terjadinya penyakit kronis yang lebih rendah. 

Ada pula studi yang menyebutkan bahwa kopi mungkin bisa membuatmu panjang umur jika diseduh dengan benar. Studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology ini mengatakan bahwa kopi yang diminum dengan ampasnya bisa memicu peningkatan kolesterol darah. 

Sementara itu, penggunaan filter dinilai bisa menurunkan risiko serangan jantung dan kematian dini. Studi yang dilakukan selama 20 tahun ini diikuti oleh lebih dari setengah juta laki-laki dan perempuan asal Norwegia dengan rentang usia antara 20 hingga 79 tahun. 

Namun, ternyata ada pula studi yang bertentangan dengan dampak positif konsumsi kopi. Salah satunya adalah penelitian dari University of South Australia yang menuliskan bahwa konsumsi kopi sebanyak enam cangkir atau lebih setiap harinya bisa meningkatkan risiko terserang penyakit jantung hingga sebesar 22 persen. Wah, jadi, mana yang benar? 

Berisiko atau tidak, tentu Anda tidak boleh asal konsumsi kopi. Kamu perlu bertanya dulu pada dokter, apakah ada efek samping negatif konsumsi kopi terhadap kondisi Kesehatan Anda secara menyeluruh. Pastikan untuk selalu mengonsumsi kopi yang berkualitas dan terjaga kesegarannya hanya di Coffeeland Indonesia, karena Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: hellosehat.com