WATER SOFTENER UNTUK MESIN ESPESSO

 

 

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa masyarakat Indonesia memang gemar minum kopi. Terbukti dari banyaknya macam sajian kopi, mulai dari kopi tubruk hingga menu-menu berbasis espresso. Entah itu memang hobi atau sudah menjadi gaya hidup, kafe-kafe di Indonesia selalu dipenuhi pelanggan. Walau karena adanya pandemi para pecinta kopi tidak bisa menikmati sajian kopi di kedai kopi favorit, mereka tetap dapat menikmati secangkir kopi buatan sendiri menggunakan mesin espresso dirumah.

Mesin espresso memudahkan para pecinta kopi untuk selalu siap melayani keinginan mereka tanpa harus keluar rumah. Namun, mesin espresso juga membutuhkan air murni dalam penggunaannya untuk menghindari dampak buruk yang terjadi akibat dari kadungan dalam air seperti kerak putih yang tentunya akan mempengaruhi rasa dari sajian kopi.

Mesin espresso membutuhkan filter softener untuk menurunkan konsentrasi magnesium, kalsium dan juga ion lainnya yang berkategori hard water. Dalam hal ini hard ion bisa mengakibatkan berbagai macam efek yang tak diinginkan seperti Limescale yakni kerak putih pada boiler dan juga menghindari dampak buruk yang terjadi karena akibat air tersebut memiliki kesadahan yang tinggi.

Cara Kerja Water Softener

Metode yang digunakan biasanya menggunakan cara penyerapan ion Mg2+ dan Ca2+ yang terkandung dalam air. Dengan mengikat ion-ion tersebut pada sebuah molekul sehingga menghilangkan kemampuan ion dalam membentuk scale atau kerak. Penghilangan ini dapat dicapai melalui metode presipitasi dan pertukaran ion.

Didalam tabung softener didalamnya terdapat resin kation, yang nantinya menarik ion-ion seperti magnesium, kalsium, besi dan sebagainya serta melepaskan ion natrium.

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menghilangkan kesadahan air adalah dengan menggunakan Reverse osmosis dan Distilasi. Namun distilasi sendiri terbilang sangat mahal biayanya untuk kebanyakan kasus dari hardwater, untuk itu lebih banyak mengaplikasikan proses penyulingan dengan mengunakan water softener dengan resin kation. Tetapi ada hal yang harus diketahui pada saat kita mengunakan water softener, yaitu proses perawatan yang harus rutin.

Untuk Water Softener, Coffeeland Indonesia menyediakan mesin water softener Addolcitore dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Volume 8 liter
  • Diameter 185 mm
  • Height 400 mm
  • Supply water pressure min 1bar max 8bar
  • Maximum flow rate recommended 1000l/h
  • Drinking water temperature min 5°C max 55°C
  • Water network connections 3/8 ” M
  • Salt conteny for re generation 1Kg

 

Dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkan kualitas air terbaik yang layak digunakan. Untuk pembelian dan pemesanan dapat menghubungi Tim Marketing via Whatsapp.

 

  

 

 

 

Source: waterpedia.co.id