FAKTA MENARIK DARI KOPI ARABIKA

 

Saat mendengar Kopi Arabika apa yang ada di benak Anda? Bayak oran yang mengidentikan kopi arabika itu adalah kopi “mahal”. Istilah ini memang benar adanya. Lalu, apa yang membuat kopi arabika ini menjadi mahal? Kali ini kami akan mengulas lebih dalam fakta-fakta menarik Kopi Arabika. Yuk simak pembahasannya!

Sejarah Kopi Arabika

Kopi arabika merupakan  jenis kopi yang dibudidayakan secara global. Awalnya, kopi arabika berasal dari wilayah Ethiopia dan dibawa oleh pedagang Arab ke Yaman. Kala itu, orang-orang Arab mempopulerkan penyeduhan ekstrak biji kopi arabika dengan air panas  yang bertujuan untuk menghasilkan minuman menyegarkan. Kemudian, setelah memasuki abad ke-15, barulah biji kopi arabika menyebar ke daratan Eropa dan menjadi populer hingga saat ini.

Habitat Kopi Arabika

Kopi jenis arabika tidak dapat sembarangan ditanam disebabkan kerentanannya terhadap hama dan cuaca

Umumnya jenis kopi ini tumbuh pada ketinggian sekitar Secara garis besar, kopi jenis ini akan lebih tepat jika dibudidayakan di ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara sekitar 15–25 derajat celsius. Daerah subtropis adalah daerah yang ideal untuk kopi Arabika, karena umumnya daerah tersebut punya tanah gembur (atau tanah vulkanik), curah hujan merata, serta sinar matahari cukup, yang membuat Arabika dapat tumbuh dengan baik. Namun, Arabika adalah jenis kopi yang tidak mudah untuk dirawat. Tanaman kopinya cukup rentan terhadap hama dan penyakit.

Struktur Biji dan Pohon Kopi Arabika

Apabila Anda membandingkan biji kopi arabika dengan robusta, maka Anda bisa melihat secara jelas ukuran biji arabika yang agak lebih besar. Kemudian, Anda juga dapat melihat bentuk bijinya yang cenderung pipih dan memanjang dengan tekstur yang lebih halus.

Tanaman kopi arabika bisa tumbuh menjadi sekitar lima meter tingginya, meskipun tanaman komersial biasanya dibudidayakan tetap pendek. Daun tanaman berwarna hijau gelap, dan menghasilkan bunga putih yang harum dan buah matang berwarna merah tua.

Kandungan Kafein Kopi Arabika

Arabika akan sangat cocok bagi Anda yang suka meminum kopi dengan kadar kafein yang lebih rendah. Kopi arabika memiiki kandungan kafein berkisar antara 0,8% – 1,5% dari berat totalnya. 

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai kopi arabika yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya, segala karakteristik tadi sangatlah berpengaruh pada produksi arabika di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ciri-ciri tadi jugalah yang mengakibatkan biji kopi pilihan umumnya diperoleh dari wilayah pegunungan dan dataran tinggi nusantara seperti Toraja (Sulawesi Selatan), Wamena (Papua), Gayo (Aceh), Malabar (Jawa Barat), dan Flores (Nusa Tenggara Timur).

Cita Rasa Kopi Arabika

Kopi arabika termasuk kopi yang memiliki nilai tertinggi di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh cita rasa berbeda yang dihasilkan oleh setiap varietasnya sehingga para pencinta kopi punya banyak pilihan rasa.

Selain cita rasa yang khas dari kopi arabika berupa kekentalan (body) yang ringan dan tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan kopi yang lainya, kopi arabika juga memiliki profil aroma yang sangat unik, di antaranya  ada yang memiliki aroma khas menyerupai lemon (lemony), aroma menyerupai madu (honeyed) dan bahkan aroma khas menyerupai cokelat (chocolaty). Aroma yang khas pada hasil seduhan memang  dapat memberikan nilai tambah terhadap produk cita rasa kopi Arabika yang dihasilkan.

Fakta Menarik Dari Kopi Arabika

  1. Arabika memiliki kadar kafein 2x lebih rendah daripada Robusta. 
  2. Kadar gula pada kopi Arabika 2x lebih tinggi dibandingkan kopi Robusta
  3. Arabika juga memiliki acidity lebih tinggi dibandingkan Robusta
  4. Kopi Arabika harganya lebih mahal dibandingkan kopi Robusta, dikarenakan lebih sulit merawat tanaman kopi ini hingga waktu panen
  5. Biji kopi Arabika bentuknya oval dan ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan biji kopi Robusta

 

Ingin beli kopi arabika asli Indonesia? Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Teredia dalam kemasa250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

Source: dolce-gusto.co.id

Featured Image: unsplash.com