BOLEHKAH PENDERITA DIABETES MENGKONSUMSI KOPI?

Kopi menjadi candu bagi semua orang, tak terkecuali bagi penderita diabetes. Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang dimana ada baiknya penderita diabetes tidak lagi mengkonsumsi kopi. Padahal, bagi seseorang yang sebelumnya sudah terbiasa mengkonsumsi kopi untuk mendongkrak semangatnya, larangan ini tentu akan membuat mereka kesulitan. Sebenarnya, apakah memang penderita diabetes tidak boleh lagi minum kopi?

Pakar kesehatan dr. Reisa Broto Asmoro dalam salah satu vlognya mengatakan bahwa mengonsumsi kopi murni tanpa tambahan apapun seperti gula, susu dan pemanis lainnya, mampu menurunkan faktor risiko dari berbagai penyakit, salah satunya diabetes tipe 2. Selain diabetes, kopi hitam juga bisa menurunkan risiko demensia atau pikun serta dapat melindungi tubuh dari penyakit parkinson, hingga mencegah depresi.

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam studi baru. Yang dimana mereka menggunakan tiga kelompok tikus yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 sebagai subjek penelitian.  Setelah 10 minggu, para peneliti menemukan bahwa kedua kelompok yang diberi makan cafestol mengalami penurunan kadar glukosa darah 28 hingga 30 persen, dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima senyawa.

Para peneliti telah menemukan senyawa cafestol (senyawa bioaktif di dalam kopi) meningkatkan sekresi insulin, mengurangi glukosa, dan meningkatkan sensivitas insulin pada tikus. Cafestol dapat berkontribusi pada pengurangan risiko pengembangan T2D (diabetes tipe 2) pada konsumen kopi dan memiliki peran potensial sebagai obat antidiabetes.

Meskipun tidak masalah untuk dikonsumsi, para penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan. Satu cangkir kopi setiap hari sudah cukup dan akan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa jadi penderita diabetes justru merasakan efek samping layaknya jantung yang berdebar-debar.

Selain membatasi asupan kopi setiap hari, ada baiknya penderita diabetes juga membiasakan diri untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula. Sebagaimana kita ketahui, gula adalah salah satu musuh utama bagi penderita diabetes dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Jika penderita diabetes sembarangan mengkonsumsi gula, bisa jadi kadar gula dalam darahnya akan tidak terkendali dan pada akhirnya memicu komplikasi yang bisa membahayakan. Mengingat kita sudah mendapatkan asupan gula dari berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari, ada baiknya memang kita mengkonsumsi kopi pahit tanpa adanya tambahan gula demi menghindari berbagai masalah kesehatan.

Terkait pemesanan kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

  

Source: suara.com, doktersehat.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783