TIPS DIET: MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MINUM KOPI

Mengonsumsi kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga memicu peningkatan dalam jumlah pembakaran kalori. Selain itu, efek kenyang yang dirasakan setelah minum kopi dapat mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan lebih banyak. 

Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Sciences and Nutrition menyatakan  bahwa seseorang yang mengonsumsi kafein 30 menit sampai 4 jam sebelum waktu makan, memiliki asupan makanan yang lebih sedikit. Lalu, bagaimana panduan minum kopi untuk diet?

Perhatikan Jenis Kopinya

Kopi light roast cenderung lebih kaya akan antioksidan polifenol dari pada roasting medium atau dark. Oleh karena itu, kopi light roast lebih bagus untuk Anda yang sedang diet. Selain itu, pilihlah kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Anda dapat membeli biji kopi utuh, lalu menggilingnya sendiri di rumah.

Perhatikan Batasan Minum Kopi Per Hari

Untuk kesehatan yang optimal, seseorang dianjurkan minum kopi 150-450 mililiter saja per hari, atau setara dengan kafein maksimal 400 miligram. Mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa memicu efek samping seperti jantung berdebar, gangguan lambung, dan gangguan metabolisme.

Minum Kopi pada Waktu Tertentu

Kopi paling baik dikonsumsi pada pukul 10.00-15.00. Setelah pukul 15.00 sore, minum kopi tak lagi dianjurkan karena dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Bukannya manfaat diet kopi yang didapat, melainkan insomnia di malam hari yang justru bisa mengganggu kesehatan. Insomnia pun berpotensi meningkatkan berat badan.

Gunakan Pengganti Gula yang Sehat

Sering kali gula digunakan saat mengonsumsi kopi. Jika merasa harus memberikan rasa manis dalam kopi, sebaiknya gunakan pemanis buatan yang tak mengandung kalori sama sekali.

Hindari Campuran Krimer

Penambahan krimer tidak dianjurkan karena kandungan lemaknya tinggi serta terdapat kandungan gula. Akibatnya justru dapat menggagalkan diet penurunan berat badan Anda. Dibanding krimer, untuk menambah efek creamy pada kopi, lebih baik bila menggunakan susu sapi cair seperti susu segar atau susu UHT.

Untuk menunjang program diet, tentunya harus menggunakan produk kopi yang berkualitas yang terjamin kesegarannya. Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian Kopi asli Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155

atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

Source: klikdokter.com