MENGENAL WHITE COFFEE DAN MANFAATNYA

 

Source

Produk kopi instan jenis white coffee semakin banyak jenisnya. Anda sendiri mungkin sudah sering mengonsumsinya. Jenis kopi ini sering disebut sebagai kopi yang lebih aman bagi lambung. Namun, tahukah anda apa itu sebenarnya white coffee atau kopi putih? Benarkah lebih sehat daripada jenis kopi lain?

Nama white coffee merupakan jenis minuman kopi yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dengan level roasting light ditambah temperatur yang rendah dan jauh dari standar roasting. Untuk itulah, biji kopi tersebut menghasilkan warna yang tidak gelap.

Sesudah kopi disangrai secara khusus, kemudian akan dicampur kembali dengan salah satu rempah khas Yaman yakni hawaij dan baru diseduh sehingga menghasilkan white coffee. Kopi jenis ini sendiri sudah menjadi tradisi kuno masyarakat Yaman yakni sejak 5000 tahun yang lalu.

Sekarang ini, tidak hanya Yaman saja yang bisa menikmati white coffee karena ada banyak negara termasuk Amerika Serikat yang sudah mulai menyajikan menu minuman ini. Tidak hanya nikmat sekaligus unik, namun white coffee ternyata dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat White Coffee

Dr. Ben Zion berpendapat bahwa white coffee adalah health elixir. Ini bisa terjadi karena proses menyangrai biji kopi yang hanya dilakukan sebentar. Menurutnya, semakin lama biji kopi disangrai, maka proses oksidasi yang terjadi juga akan semakin besar.

Sedangkan proses sangrai yang sebentar seperti dalam membuat white coffee bisa menghasilkan asam klorogenik yang bisa melindungi sel tubuh manusia dari proses oksidasi dan juga implementasi sehingga white coffee dipercaya sebagai minuman yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan seperti beberapa manfaat yang kami berikan berikut ini.

  • White coffee dapat mengurangi risiko terkena kanker dan stroke.
  • Minuman ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak lebih banyak dan lebih cepat.
  • Mencegah terjadinya kehilangan memori dan juga menjaga agar kulit tetap terlihat halus.
  • Membuat anda bisa tetap waspada, fokus sekaligus mencegah pusing.
  • Bisa melindungi tubuh dan juga otak.
  • Membantu seseorang agar lebih segar dan bersemangat ketika sedang mengalami depresi.
  • Bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

White coffee memiliki karakteristik rasa yang ringan seperti kacang dengan sedikit hawaij. Selain itu, banyak orang yang juga minum white coffee dengan campuran kapulaga, kayu manis, jahe dan juga cengkeh.
Hawaij digunakan dalam tradisi Yaman untuk campuran manis dalam kopi dan juga memberikan rasa gurih pada sup. Hawaij juga awalnya digunakan petani Yaman untuk membantu pencernaan sesudah makan besar.

 

 

Source: 1, 2.

Leave a Reply