TEMPERATUR YANG IDEAL UNTUK SEDUHAN KOPI

Source: i.pinimg.com

Ada beberapa faktor yang dapat menghasilkan hasil seduhan manual brewing yang nikmat, diantaranya adalah kualitas kesegaran biji kopi, ukuran hasil gilingan yang tepat, dan juga rasio perbandingan air yang mempengaruhi karakter rasa pada kopi. Selain rasio perbandingan jumlah air dan kopi, ternyata temperatur air juga menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil seduhan kopi.

Dalam proses ekstraksi, temperatur air akan sangat mempengruhi hasil seduhan. Jika air yang digunakan untuk menyeduh kopi terlalu panas, maka hasil seduhan akan terasa terlalu pahit. Sedangkan jika air yang digunakan terlalu dingin, maka hasil seduhan kopinya akan terasa terlalu asam dan tidak kuat rasanya.

Temperatur Ideal Untuk Menyeduh Kopi

Semakin panas suhu air, maka akan semakin cepat juga proses ekstraksinya. Jika air yang digunakan untuk seduhan kopi terlalu dingin, maka air akan susah larut dan menggenang di permukaan. Gunakan air dengan tempratur yang tepat agar proses ekstraksi berjalan bejalan dengan sempurna.

Menurut National Coffee Association suhu air paling ideal dalam membuat kopi adalah 90 – 96 derajat celcius. Tapi beberapa orang juga menggunakan suhu di bawah 90 derajat Celsius untuk menyeduh dengan metode manual brew. Cara paling sederhana untuk mengontrol temperatur air tentunya dengan menggunakan thermometer.

Temperatur ideal adalah salah satu yang penting tapi bukan berarti faktor-faktor lain tidaklah penting. Kesempurnaan secangkir kopi tidak bisa dicapai jika kualitas biji, tingkat kehalusan bubuk kopi, dan cara seduh tidak di perhatikan.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

 

 

Source: majalah.ottencoffee.co.id

feature image: i.pinimg.com