MENGENAL KOPI DECAF: KOPI TANPA KANDUNGAN KAFEIN

Kopi decaf memang lebih di kenal sebagai kopi yang aman di konsumsi bagi orang yang sensitif dengan efek kafein di dalamnya, seperti orang yang kerap mengalami gangguan tidur, gelisah, sakit kepala, mual, cemas, gugup, dan juga peningkatan tekanan darah setelah mengonsumsi kafein. Bila Anda mengalami kondisi di atas, tapi tetap ingin mengonsumsi kopi, kopi decaf merupakan pilihan yang baik.

Kopi decaf berasal dari kata decaffeinated coffee, yang berarti kandungan kafein telah hampir seluruhnya dihilangkan dari biji kopinya.  Biji kopi decaf setidaknya sudah bebas dari kafein sebanyak 97 persen, dengan proses pembersihan menggunakan air, pelarut, karbon dioksida, maupun filter arang. Setelah serangkaian proses itu, biji kopi baru menjalani proses pemanggangan dan penggilingan.

Benarkah kopi decaf lebih sehat dibandingkan kopi biasa? Lalu bagaimana dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya?

Ketika proses dekafeinisasi (penghilangan kadar kafein) berlangsung, ada beberapa tahap yang dilakukan terhadap biji kopi. Entah dengan cara direndam atau dipanaskan dalam suhu yang ekstrim, proses ini akan memaksa pori-pori biji kopi terbuka agar larutan apapun yang digunakan untuk menghilangkan kafeinnya bisa masuk. Di sisi lain, biji kopi memiliki zat anti oksidan alami bernama chlorogenic acid. Chlorogenic acid sendiri memiliki sifat yang gampang larut dalam air sehingga oleh proses dekafeinisasi, zat anti oksidan alami kopi ini seringkali ikut menjadi lebur.

Jadi, apakah kopi decaf bisa disebut lebih sehat dibandingkan kopi biasa? Hal tersebut masih diteliti karena berbagai penelitian menilai konsumsi kopi tanpa membedakan antara jenis kopi biasa maupun kandungan kopi decaf.

Ada pula studi yang tidak melibatkan kopi decaf. Itu sebabnya, saat ini belum bisa disimpulkan apakah kopi decaf lebih sehat dibandingkan kopi biasa.

Cara Menjaga Kesehatan Dengan Kebiasaan Minum Kopi

Pastikan kopi yang Anda minum merupakan kopi berkualitas, dan jangan menambahkan sirup, gula, dan krim terlalu banyak. Gula dan kalori dapat menambah berat badan Anda dengan cepat dan meminimalkan manfaat kesehatan dari kopi.

Jika Anda tidak bisa minum kopi hitam (tanpa gula, susu dan krim), Anda dapat menambahkan kayu manis ke dalamnya. Atau, Anda dapat menghindari minum kopi berkafein setelah jam 3 sore agar tidak mengganggu tidur Anda.

menurut banyak pakar nutrisi, jumlah kadar kafein yang bisa ditoleransi adalah maksimal 400 miligram. Jadi, meminum kopi dengan kadar kafein maksimal segitu masih dianggap baik untuk kesehatan orang dewasa.

Bagaimana menurut kalian? Lebih tertarik memilih kopi decaf, atau kopi biasa?

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

Source: klikdokter.com, majalah.ottencoffee.co.id