MEMBUAT SEDUHAN KOPI SENDIRI DENGAN ALAT HOME BREWER

Saat ini rasanya tidak sulit bagi kita untuk menemukan specialty coffee yang disuguhkan dengan profesional. Namun terkadang rasanya malas untuk pergi ke coffee shop dekat rumah. Dan salah satu solusinya adalah membuat seduhan kopi sendiri dirumah.

Kali ini kami akan membahas beberapa alat home brewer yang bisa anda coba dirumah, mulai dari persiapan sebelum menyeduh, hingga rekomendasi alat-alat yang dapat digunakan.

Persiapan Awal

Jika anda mengininkan kopi dengan rasa yang maksimal, pastikan biji kopi yang anda miliki fresh dan di proses sesaat setelah digiling.  Kami juga menyarankan  ada memiliki hand grinder dan timbangan, karena kopi yang nikmat, takaran rasionya harus pas.

 

Jenis –jenis alat seduh

Kopi adalah urusan personal. Cara terbaik untuk membuatnya adalah dengan cara yang paling anda sukai. Untuk menentukan cara yang anda suka, berikut beberapa alat seduh yang mungkin dapat anda pertimbangkan untuk mulai mencoba.

1) French Press

Source

Frech press menjadi kegemaran bagi banyak orang karena proses penyeduhannya sederhana, dan kemampuannya menghasilkan rasa kopi yang nikmat. Cara menggunakannya sangat simple, anda hanya menaruh kopi kedalam french press, lalu siram air sesuai dengan rasio yang anda inginkan, seteah itu diamkan 3-4 menit sebelum di press, selesai.

Tak sabar ingin mencoba? Sabar, ada hal yang perlu di perhatikan pada saat menyeduh kopi dengan menggunakan french press. Sebelum seluruh air dituangkan, basahkan dulu bubuk kopi dengan air panas, lalu diamkan selama 30-45 detik. Ini berguna untuk melepaskan gas karbon yang masih tersisa dari bisi kopi yang baru di roasting

2) Vietnam Drip

Source

Vietnam drip adalah salah satu alat yang paling murah dan mudah digunakan. Untuk membuat black coffee anda dapat menggunakan rasio 1: 10 (15 gr kopi : 150 gr air), tinggal ditambahkan dengan susu jadilah Vietnam Coffee.

Setelah kopi dan air dimasukan kedalam alat ini, anda hanya menunggu tetesan kopi jatuh kedalam gelas anda.

3) Moka Pot

Source

Orang Italia biasa memberi julukan moka pot sebagai espresso rumahan atau espresso kompor, karena  alat ini adalah alat yang tepat untuk membuat espresso secara manual di rumah. Cara penggunaanya anda hanya perlu memasukan kopi yang sudah digiling dan air kedalam wadah moka pot kemudian letakan moka pot diatas kompor, dan kopi akan keluar dengan sendirinya dalam waktu 3-5 menit.

Kelemahan dari moka pot ini adalah, jika anda menggunakan air yang dingin, waktu pemanasan dan panas komporya berlebihan, akan menghasilkan aroma gosong dari kopinya. Jadi, saran dari kami, lebih baik langsung menggunakan air panas untuk mempersingkat waktu seduhnya.

Apapun cara seduhannya, nikmatilah kopi segera setelah anda menyeduhnya. Kopi yang sudah diseduh akan berangsur-angsur kehilangan rasa optimalnya. Jika ingin dijadikan bekal, anda dapat menyimpannya di dalam botol tahan panas yang kedap udara agar kopi seduhan anda masih dapat dinikmati.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

 

Source: 1, 2

Leave a Reply