TIPS MEMILIH SINGLE ORIGIN SESUAI DENGAN SELERA

 

 

Saat akan membeli kopi single origin, tentunya ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan mulai dari pemilihan karakter dan cita rasa kopi yang sesuai dengan selera hingga kuantitas kopi yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Kopi single origin memiliki banyak perbedaan, dari mulai karakter rasa hingga tampilan biji kopinya, hal ini dipengaruhi oleh banyak hal tentunya. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips sederhana dalam memilih single origin yang sesuai dengan selera Anda.

Lihat dari bagaimana biji kopi tersebut diproses

Proses pengolahan biji kopi akan sangat berpengaruh pada karakter cita rasa kopi tersebut. Jika Anda penggemar kopi yang clean dan bright maka single origin yang tepat untuk Anda adalah yang washed process atau paling tidak semi-washed. Namun, jika Anda menyukai cita rasa single origin yang bold fruit atau terkadang wine, Anda dapat memilih kopi dengan natural process. 

Pada ketinggian berapa kopi tesebut ditanam

Saat Anda membeli kopi single origin, biasanya penjual akan menyertakan infomasi pada ketinggian berapa kopi tersebut ditanam. Semakin tinggi perkebunan kopi tersebut maka notes yang dihasilkan akan semakin ‘manis’. Semakin tinggi kebunnya, semakin tinggi sweetness dan better acid-nya.

Beda Daerah, Beda Rasa

Dapat dipastikan cita rasa single origin setiap daerah berbeda-beda notes-nya. Sangat diperlukan untuk membaca tasting notes di setiap kemasan kopi yang akan Anda beli. Tasting notes pada kemasan kopi akan memudahkan Anda dalam mengetahui cita rasa kopi tersebut.

Level Sangrai

Sudah bukan rahasia lagi jika level sangrai memengaruhi rasa kopi. Suka yang bold and bitter? Untuk single origin umumumnya menggunakan level sangria medium roast karena akan menghasilkan rasa, aroma, dan keasaman yang lebih seimbang. 

Bagi Anda yang ingin membeli kopi Arabika Nusantara berkualitas, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Toraja SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App atau melaui E-commerce kami.

 

 

  

 

 

 

 

 

Source: majalah.ottencoffee.co.id