HAL PENTING DALAM MENGONSUMSI KOPI DI BULAN PUASA

Kopi termasuk minuman favorit orang Indonesia. Sebagian orang yang suka kopi bahkan punya jadwal ngopi sendiri. Sayangnya saat bulan puasa tiba, rutinitas minum kopi tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Apa yang harus diperhatikan dalam kondisi ini?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tetap bisa mengkonsumsi kopi tanpa mengganggu jadwal puasa dan kesehatan tubuh. Diantaranya adalah:

  • Memilih waktu terbaik minum kopi

Mengkonsumsi kopi di bulan puasa tidak ada larangannya, asalkan tidak dijadikan sebagai sajian utama saat berbuka puasa atau pada saat sahur. Yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi kopi saat puasa adalah memilih waktu terbaik minum kopi.

Kopi memiliki sifat deuretik, sehingga menyebabkan produksi urine meningkat dan menyebabkan dehidrasi. Maka, tak heran jika ahli gizi menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi di waktu sahur bagi yang menjalani ibadah puasa, melainkan setelah berbuka puasa dengan jeda 1-2 jam atau tidak lebih dari jam 8 malam.

  • Imbangi dengan mengonsumsi air mineral yang cukup

Mengimbangi dengan meminum air mineral yang cukup baik sebelum atau setelah minum kopi dapat menetralisir dampak yang diberikan oleh kafein, serta mencegah terjadinya dehidrasi.

“Ketika memesan kopi filter atau espresso-base, pernahkah Anda disediakan air mineral secara bersamaan?”

Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, pemberian air mineral bertujuan untuk menetralisir indera perasa dan juga meleburkan efek kafein dalam tubuh.

  • Memilih jenis kopi rendah kafein

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Jika sudah mengetahui jumlah kafein yang ideal untuk dikonsumsi saat bulan puasa, maka Anda bisa memilih jenis kopi yang ingin dikonsumsi. Anda bisa memilih kopi dengan kandungan kafein yang rendah atau kopi decaf untuk tetap dapat mengonsumsi kopi namun aman untuk Kesehatan lambung.

Memberikan asupan ke dalam tubuh saat menjalani puasa memang perlu diperhatikan, termasuk dalam mengonsumsi kopi. Jadi, apakah Anda tetap mengonsumsi kopi di bulan puasa? Pastikan untuk mengonsumsi kopi berkualitas yang terjaga kesegarannya ya!

Bagi Anda yang ingin membeli produk kopi speciaty, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti Arabika Toraja SpecialtyArabika Mandheling Specialty, Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, dan Arabika Bali Kintamani Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: gordi.id