TIPS MENIKMATI KOPI DENGAN CARA SEHAT

Kebanyakan orang memilih kopi untuk menemani aktivitas sehari-hari. Dan banyak juga dari kita yang gemar menambahkan segala macam hal pada sajian kopi kita agar kopi yang kita nikmati dapat terasa lebih manis dan creamy. Alih-alih untuk menjaga kesehatan, beberapa orang terjebak pada pilihan sajian kopi yang itu-itu saja. Namun bernahkah demikian? Jika anda termasuk dalam golongan ini, jangan khawatir. Sebenarnya, jika anda mengetahui apa yang ditambahkan kedalam minuman anda dan mengganti beberapa komponen bahan yang di tambahkan akan dapat membantu anda menjadi orang yang lebih sehat tanpa harus hanya minum secangkir kopi hitam yang membosankan.

Berikut adalah tips yang dapat membantu anda untuk dapat menikmati kopi dengan cara yang lebih sehat!

  1. Memilah Sajian Pendamping Kopi.

Anda mungkin berpendapat bahwa muffin, sandwich, scone, atau menu sarapan adalah pilihan yang pas untuk dijadikan makanan pendamping kopi. Meskipun makanan tersebut adalah makanan yang sangat lezat, namun makanan tersebut bukan pilihan yang tepat sebagai pendamping kopi anda.

Hal terbaik yang bisa anda pasangkan dengan kopi adalah makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, keju, cokelat hitam, oily fish, dan kacang-kacangan. Dengan menambahkan makanan yang mengandung lemak sehat dapat memperlambat kafein dalam sistem pencernaan anda, menjaga kadar gula darah dalam tubuh, dan membuat anda tetap terjaga dan berenergi sepanjang hari.

Mulai sekarang, hindari minum kopi dengan perut kosong, karena da[ay mengganggu jalur pencernaan anda dan dapat membuat mood anda kurang baik.

  1. Menambahkan pemanis pada kopi
membatasi pemberian gula adalah  salah satu cara sehat minum kopi
credit: tasteofhome.com

Jika anda menyukai kopi dengan rasa yang manis, hindari untuk menambahkannya dengan gula pasir ataupun sirup. Karena sirup mengandung banyak gula. Anda dapat menggantinya dengan stevia, gula batu, kayu manis bubuk, bubuk kakao, madu, atau ekstrak vanila.

  1. Memilih Creamer
menggunakan vegan creamer adalah salah satu cara sehat minum kopi
Credit: roastycoffee.com

Kita semua tau, bahwa perpaduan kopi dan creamer adalah hal yang sangat nikmat. Namun jangan salah, dibalik kenikmantannya ada kalori yang menghantui anda. Anda dapat mulai beralih menggunakan vegan creamers, selain dapat menambahkan rasa creamy, juga dapat menyelamatkan anda dari penambahan berat badan.

  1. Berkesperimen

Cara terbaik untuk meikmati kopi dengan cara yang sehat adalah dengan bereksperimen. Karena tanpa melakukan eksperimen anda tidak akan dapat merasakan cita rasa kopi yang lainnya, dan juga tidak dapat mengubah kebiasaan ngopi anda.

Dengan bereksperimen anda memiliki lebih banyak pilihan kopmponen-komponen alami yang dapat di tambahkan kedalam kopi. Selain itu anda juga memberikan kesempatan kepada diri anda untuk dapat mencoba beberapa racikan yang berbeda untuk sajian kopi.

Dengan eksperimen juga anda dapat menemukan beberapa campuran sempurna agar tidak bosan dengan pilihan sajian kopi, karena jika rasa bosan sudah menghampiri makan anda akan dengan mudah meminum kembali cappucinno, dan frappucinno yang manis.

  1. Hindari Mengkonsumsi Kopi Disore Hari
Tidak ngopi disore hari adalah salah satu cara sehat minum kopi
credit: twitter.com

Minum kopi pada sore hari akan mengganggu jam tidur malam anda. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine. Pada penelitian tersebut diperlihatkan bahwa konsumsi 400 mg kafein 0,3, dan 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Tidur yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan dan mengacaukan kesehatan anda karena tidur adalah salah satu bagian terpenting dari menjaga kesehatan.

Untuk mengakalinya, anda bisa mengganti nya dengan kopi yang tidak memiliki kandungan kafein atau teh yang mengandung kafein lebih sedikit dibandingkan kopi biasa.

Atau, Anda bisa menyesuaikan batas maksimal minum kopi di siang atau sore hari dengan jam tidur Anda. Misal, jika Anda terbiasa tidur jam 10 malam, maka batas terakhir Anda minum kopi yaitu jam 5 sore.

  1. Memilih kopi yang berkualitas

mengkonsumsi kopi berkualitas adalah cara sehat minum kopi

Kualitas kopi sangat beragam, tergantung pada metode pengolahan, dan bagaiman cara tanaman kopi di tanam. Biji kopi terbaik adalah biji kopi yang di pilih dengan seksama, dengan tingkat cacat yang rendah. Jika anda ingin membeli kopi yang berkualitas, anda harus membeli kopi dari produsen terpercaya.

Untuk menghindari pembelian kopi dengan grade yang rendah, anda bisa membeli produk kopi speciality. Kopi specialty merupakan istilah untuk kopi dengan grade tertinggi karena kopi diproses secara khusus dengan ketentuan khusus pula mulai dari proses awal kopi ditanam sampai disajikan dalam cangkir.

Coffeeland Indonesia, menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia dengan grade kopi speciality,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk kopi, silahkan hubungi tim marketing kami via What’s App >> Klik: 

 

  

 

Source: dailymorningcoffee.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783