MENGENAL FAKTA UNIK & MENARIK DARI KOPI ROBUSTA

Secara umum terdapat 2 jenis kopi yaitu Arabika dan Robusta. Meskipun sebagian besar perdagangan kopi di dunia di dominasi oleh Arabika, bukan berarti Robusta tidak memiliki peran yang penting dalam dunia kopi. Robusta berasal dari kata “robust” yang artinya kuat. Sesuai dengan gambaran postur (body) atau tingkat kekentalan yang kuat. Kopi Robusta menarik dunia internasional karena dapat ditanam di daerah tropis yang basah dengan budidaya yang intensif dan memiliki citarasa yang luar biasa. Dibalik

perannya tersebut tentu ada banyak fakta-fakta menarik tentang kopi robusta. Berikut fakta selengkapnya:

Produksi Robusta Lebih Banyak Di Banding Arabika

Produksi kopi Robusta mencapai hampir 83% dari total produksi kopi Indonesia, sedangkan 17% sisanya adalah Arabika. Ini berarti kopi ini jumlahnya 5 kali lebih banyak. Hampir semua kopi asli Indonesia disukai oleh pecinta kopi di dunia, termasuk kopi robusta Indonesia.

Robusta Lebih Mudah Ditanam

kopi robusta lebih mudah ditemui karena berada di dataran rendah. Umumnya robusta tumbuh subur diketinggian 700 hingga 1200 mdpl, dengan tinggi tanaman antara 4,5 hingga 6,5 meter Dengan demikian tidak susah dan memakan waktu lama untuk memproduksinya. Dengan budidaya yang intensif, kopi jenis ini akan mulai berbuah pada umur 2,5 tahun. Robusta juga merupakan kopi yang mudah berkembang, berproses dengan cepat, dan lebih resisten terhadap penyakit karat daun. Dengan demikian tidak susah dan memakan waktu lama untuk memproduksinya.

Harga Kopi Robusta Lebih Terjangkau Di Banding Arabika

Kopi Robusta cenderung lebih murah harganya di banding dengan kopi arabika, hal ini dikarenakan  penanaman kopi arabika yang cenderung lebih lama untuk matang. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Sedangkan Kopi Robusta mudah ditanam di daerah dataran rendah sekalipun.

Aroma dan Cita Rasa Kopi Robusta Yang Unik

Robusta memiliki rasa yang tajam dan kuat, ada yang mengatakan robusta memiliki rasa seperti gandum. Sebelum disangrai robusta memiliki aroma seperti kacang-kacangan. Keunikan rasa kopi Robusta lebih menyerupai coklat dengan bau yang terkesan manis. Meski teksturnya kasar, tapi rasanya lebih moderat dalam arti tidak terlalu pahit juga tak terlalu asam.

Kadar Kafein Robusta Lebih Banyak Daripada Arabika

kadar kafein pada biji kopi robusta lebih tinggi dibanding Arabika yakni sebesar 2,2%. Sedangkan Arabika hanya sebesar 1,2%. kopi robusta juga banyak mengandung antioksidan, yang dikenal dapat membantu menghilangkan stres oksidatif.

Ingin tahu perbedaan Robusta dan Arabika, baca Mengenal Perbedaan Robusta dan Arabika

Untuk pemesanan kopi, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

  

Source: 1

Leave a Reply

WhatsApp chat