MENGENAL PERBEDAAN ROBUSTA DAN ARABIKA

Kopi merupakan komoditas yang terus dibudidayakan dan diperdagangkan termasuk di Indonesia. Komoditas perdangan kopi menduduki posisi kedua setelah minyak, hal ini menunjukkan bahwa kopi digemari oleh masyarakat dunia. Banyak sekali varietas kopi yang tersebar di seluruh dunia, Namun, tahukah anda varietas kopi apa yang paling terkenal dan digemari banyak orang? terdapat dua jenis kopi yang paling dikenal dan memiliki banyak penggemar, yakni kopi Arabika dan Robusta. Lalu hal apa saja yang membedakan dari keduanya?

Berikut perbedaan  kopi Arabika dan Robusta yang harus diketahui oleh para pencinta kopi. Simak selengkapnya!

  1. Bentuk beens kopi
Source

Beens atau biji menjadi perbedaan yang dapat dilihat dari kedua kopi ini. Biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat sedangkan biji kopi Arabika lebih lonjong. Dari ketinggian tanaman, kopi Robusta dapat tumbuh hingga 4,5-6 meter. Sedangkan Arabika hanya dapat mencapai ketinggian 2,5-4,5 meter.

  1. Beda harga nilai jual
Source

Kopi Arabika cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding kopi robusta. Hal ini dikarenakan proses penanaman kopi Arabika yang lebih lama dan perawatan yang lebih. Berbeda dengan kopi robusta yang penanamannya dapat dilakukan di daerah dataran rendah. Robusta juga merupakan kopi yang mudah berkembang dan berproses dengan cepat. Cara menanam ini lah yang kemudian menjadi penyebab bedanya nilai jual kopi Arabika dan Robusta.

  1. Soal rasa, lebih enak Arabika atau Robusta?
Source

Salah satu hal yang membedakan kopi yang satu dengan kopi lainnya adalah rasa . Bagi pencinta kopi Robusta, sudah tentu dapat mengenali kopi tersebut dengan rasa pahit berlebih dibanding kopi Arabika. Hal ini disebabkan kandungan kafein pada kopi Robusta lebih tinggi, Jika kopi robusta dikenal dengan pahitnya, Arabika tidak demikian. Kandungan gula pada kopi Arabika terbilang cukup banyak. Maka dari itu, kopi Arabika lebih mudah dinikmati oleh banyak orang. Namun, dengan banyaknya kandungan gula maka kandungan lemak pun lebih tinggi dibandingkan dengan kopi Robusta. Selain itu, Arabika memiliki rasa yang bervariasi, seperti rasa buah-buahan, kacang-kacangan, ataupun biji-bijian. Inilah alasannya kopi Arabika lebih banyak menjadi kopi favorit dibandingkan kopi Robusta.

  1. Tingkat kandungan kafein
Source

Rasa kopi Robusta cenderung lebih pahit dibanding kopi Arabika. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi robusta lebih tinggi sebesar 2,2 hingga 2,7%. Sedangkan kandung kafein dalam kopi Arabika hanya sebesar 1,1% hingga 1,5% saja.

  1. Jenis penyajian
Source

Karena kopi Arabica memiliki rasa yang kuat dan manis tanpa tambahan gula apapun, kopi ini lebih cocok disajikan sebagai single kopi origin agar penikmat kopi dapat merasakan rasa asli dari kopi Arabica. Sedangkan kopi Robusta memiliki rasa yang lebih pahit, sehingga lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan campuran esspresso. Jenis penyajian seperti ini cocok untuk orang yang kurang menyukai kopi karena nantinya akan ditambahkan dengan susu dan cream.

Untuk pemesanan kopi Arabika dan Robusta, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami juga menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

  

Source: 1

Leave a Reply

WhatsApp chat