PERBEDAAN BARISTA DENGAN BREWER

 

Saat ini penikmat kopi tidak hanya orang dewasa saja, kalangan anak muda pun banyak yang menyukai kopi. Terbukti dengan banyaknya anak muda yang berbisnis di industri kopi juga bekerja sebagai Barista.

Profesi barista di coffee shop tentunya sangat ideal bagi orang yang sangat suka dengan kopi, industri kuliner, atau mungkin bagi anak muda yang menginginkan kerja sampingan. Barista biasanya memiliki citra keren, dengan pakaiannya yang dilengkapi apron, dan terampil mengoperasikan mesin kopi, juga karismatik dalam menyajikan kopi.

Tak hanya menyajikan menu-menu berbahan dasar espresso, saat ini coffee shop juga sudah banyak yang menyajikan metode manual brew menggunakan french press, vietnam drip, dan syphon dengan karakter kopi yang strong dan low acidity. Teknik penyeduhannya pun terlihat elegan.  

Metode manual brewing ini menggunakan berbagai peralatan manual sepertoi Hario V60, Kalita Wave, Clever Dripper, Aeropress, dan masih banyak lagi. Penggunaan alat-alat manual brew ini, juga membutuhkan berbagai keahlian khusus. Mulai dari brewing ratio, jenis air yang digunakan, temperatur air,dan juga waktu seduh. Keterampilan ini pada akhirnya melahirkan istilah baru dalam dunia kopi yaitu Brewer

Berbagai perbedaan ini membuat banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang menyeduh dengan metode manual dapat disebut sebagai brewer, sedangkan bagi seseoang yang menyeduh dengan mesin espresso akan disebut sebagai barista. 

Baik barista ataupun brewer kedua profesi tersebut bukanlah profesi yang mudah, keduanya harus mempunyai skill dalam meracik kopi, mereka juga harus mengenal karakter rasa kopi yang digunakan, proses biji kopi tersebut di olah, hingga daerah kopi tersebut berasal.

Bagi Anda yang berencana membuka bisnis coffee shop dan bingung untuk mendapatkan barista dan brewer yang handal. Coffeeland Indonesia memiliki berbagai piihan paket kemitaan, dimana dalam paket tersebut sudah termasuk Pelatihan Barista yang meliputi Sejarah Kopi, Pengetahuan Tentang Kopi, Hospitality, Pelatihan Barista, Pengenalan Alat-alat, Cara Mengoprasikan dan Perawatan Equipment, Pelatihan Pembuatan Menu, dan juga Coffee Cupping.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket kemitraan, silahkan hubungi Tim Marketing kami melalui nomor What’s App 087825958155.

 

 

  

 

 

 

Source: m.tribunnews.com