CIRI-CIRI KOPI YANG SUDAH KADALUARSA

 

Kopi sudah menjadi sahabat bagi banyak orang karena kopi menawarkan banyak sekali manfaat bagi para penikmatnya seperti menghilangkan stres, meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja, hingga bisa menenangkan pikiran dari aromanya yang wangi ketika diseduh.

Bubuk kopi yang segar mempunyai rasa dan aroma yang jauh lebih nikmat daripada bubuk kopi yang telah disimpan beberapa hari. Apalagi jika bubuk kopi tersebut sudah disimpan dalam waktu yang terlalu lama hingga melebihi waktu kadaluarsanya. Meski kenyataannya kopi yang telah kadaluarsa masih bisa diminum, tetapi kami tidak menyarankannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Berikut adalah ciri-ciri kopi yang sudah kadaluarsa:

  • Aroma kopi

Sebelum meminum kopi, ada baiknya Anda hirup dulu kopinya untuk memastikan kopi dalam kondisi layak diminum. Kopi yang masih layak diminum ditandai dengan aroma khas kopi yang kuat dan tidak bau apek.

  • Krema

Ketika menyeduh kopi, Anda akan menemukan lapisan menyerupai busa di permukaan berwarna kecoklatan keemasan. Lapisan ini disebut krema. Krema bisa dijadikan acuan kesegaran dari kopi yang akan diseduh. Krema yang cukup tebal dan warnanya keemasan hanya bisa dihasilkan dari biji kopi yang segar. Sedangkan kalau kopi sudah tidak segar lagi, kremanya pasti akan memudar dan tidak tebal.

  • Cita rasa

Pernah tidak Anda menyeruput kopi yang cita rasanya hambar seperti air putih pada umumnya. Bisa jadi kopi yang digunakan sudah tidak segar lagi. Biasanya biji kopinya atau kopi bubuk yang digunakan ini sudah disimpan dalam jangka waktu yang lama hingga cita rasa kopinya sudah menghilang. Kopi yang masih segar, cita rasa kopinya sangat terasa kuat. 

  • Melempem

Jika akan menyimpan kopi dalam bentuk biji yang sudah disangrai atau biasa disebut roast bean, pastikan biji kopi itu dalam keadaan layak. Cara mengetahui biji kopi sangarai itu masih layak atau tidak, cukup dengan mengambil sample salah satu biji kopi kemudian digigit atau ditekan menggunakan kuku kita. Biji kopi sangrai yang masih layak digunakan akan terlihat renyah dan tidak alot.

Demikian tadi ulasan singkat mengenai ciri-ciri kopi yang sudah kadaluarsa.  Agar momen minum kopi Anda efektif tanpa kehilangan kenikmatannya.

Ingin beli kopi kopi asli Indonesia? Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Teredia dalam kemasa250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

Source: kanalberita.co