TUTORIAL MEMBUAT KOPI DENGAN FRENCH PRESS

Kopi mungkin salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Sebelum memulai segala aktivitas di pagi hari, sebagian orang akan bersantai terlebih dahulu sambil menyeruput segelas kopi. Kini Anda bisa membuat kopi sendiri di rumah dengan alat French Press. Apa itu French Press? French Press merupakan salah satu metode manual menyeduh kopi yang banyak peminatnya. Alasannya cukup simpel, tidak ada metode menyeduh kopi yang sesederhana dan semudah metode French Press namun menghasilkan kopi yang kaya rasa. Ingin belajar menyeduh kopi menggunakan coffee press? Berikut tips cara membuat kopi dengan French Press:

Yang anda butuhkan:

  • French Press
  • Ginder Kopi
  • Biji atau Bubuk Kopi selera Anda
  • Timbangan / Scale atau sendok takaran kopi
  • Kettle
  • Mug / cangkir kopi 

 

Cara membuat:

SOURCE
  1. Panaskan air sampai kurang lebih 95oC
  2. Selagi menunggu air panas, giling biji kopi di ukuran kasar sekitar 25 gram. Banyaknya biji kopi yang digunakan bisa juga sesuai dengan selera anda.
  3. Bilas French Press dengan air panas, sehingga nantinya suhu kopi tidak cepat turun. Letakkan French Press diatas timbangan kopi, kemudian masukkan bubuk kopi yang sudah digiling tadi ke botol/tabung French Press, kemudian siram dengan air panas sebanyak 75 ml, diamkan sejenak (kopi sedang mengalami masa blooming,kurang lebih 30 detik)
  4. 4.Setelah 30 detik, tuang sisa air panas tadi atau tuang air panas sekitar 300 ml (sesuai selera, semakin sedikit air, rasa kopi semakin pekat) kemudian aduk/stir, setelah itu diamkan sekitar 4 menit.
  1. Setelah didiamkan selama 4 menit, kemudian tekan plungerdengan tangan kamu secara perlahan. Setelah plunger telah ditekan sampai ujung, plunger akan menahan dan memisahkan bubuk kopi tadi, sehingga ketika anda menuangkan kopi ke mug/cangkir kopi, bubuk kopinya tidak tercampur dengan minuman kopinya. Kopi pun sudah siap untuk diminum.

SOURCE: 1

Leave a Reply