MENGENAL CASCARA, MINUMAN HERBAL KAYA AKAN MANFAAT

Source

Walaupun saat ini sudah banyak kedai kopi yang membuka gerai di berbagai daerah di Indonesia, tampaknya memang belum banyak tempat yang menyajikan cascara dalam salah satu menunya. Jadi, apa sebenarnya Cascara ini?

Dari segi bahasa, cascara masuk pada kosa kata Spanyol yang berarti kulit. Bukan hanya di Spanyol, cascara juga dapat di jumpai di berbagai negara, dan cascara adalah bukan hal yang baru di duni Perkopian. Cascara lahir dari kulit kopi yang dijemur dan di olah menjadi minuman.

Jika dilihat dari body, cascara cenderung mirip dengan teh, berwarna cokelat bening, dan berkarakter manis dan beraroma pekat.

Cascara di percaya dapat mengobati beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, serta pengobatan untuk batu empedu, penyakit liver, dan kanker. Hasil  pengujian  labolatorium di Jerman menemukan bahwa Cascara memiliki kandungan kafein yang  rendah, tentunya menjadi kabar baik bagi pecinta manfaat teh manis dan kopi, yang ingin mengurangi dampak negatif dari caffein,  namun tetap merasakan manfaat minum kopi sehingga  teh cascara menjadi pilihan yang tepat,  selain memiliki cita rasa yang tinggi teh cascara ini memiliki manfaat teh yang baik untuk kesehatan tubuh anda diantaranya:

1. Melindungi lambung.

Cascara mampu melindungi lambung supaya tidak memproduksi asam berlebihan, bagi anda yang mempunyai penyakit maag dianjurkan untuk minum teh cascara terlebih dahulu sebelum minum kopi.

2. Mencegah penyakit kanker.

Cascara atau kulit kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan pengaruh buruk radikal bebas   yang bisa mengancam kesehatan dan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Mengencangkan kulit.

Casacara kaya akan manfaat vitamin C dan E yang bermanfaat untuk kesehatan dan kekencangan kulit anda.

4. Mencegah penyakit jantung.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh kita, yang akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya salah satunya dapat meningkatkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) /kolesterol jahat yang menyebabkan penimbunan pada dinding pembuluh darah  akan menyebabkan penyakit jantung, dengan mengkonsumsi  teh cascara yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi  kadar LDL tersebut.

5. Mencegah penuaan dini.

Manfaat antioksidan pada cascara selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, mengurangi keriput dan garis halus, dan dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet.

Meminum segelas cascara hangat akan membantu mengembalikan energi yang anda butuhkan. Cascara akan menjadi alternatif bagi anda yang ingin meminum kopi namun merasa khawatir jika kesulitan tidur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Nutrition, meminum cascara dapat membantu meningkatkan kinerja otak dan daya ingat anda. Terlebih lagi, cascara juga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan membuat mood anda tetap stabil.

Ternyata banyak sekali manfaat yang di dapat dari teh cascara (kulit kopi) ini, kulit kopi yang biasanya dibuang atau diolah menjadi pakan ternak dan limbah pupuk kompos kini bisa dimanfaatkan dan sehingga mempunyai nilai ekonomi yang tinggi  dan memiliki  prospek yang menggiurkan untuk dijadikan bisnis karena banyak nya penikmat kopi dan teh diseluruh dunia, di Indonesia sendiri coffee shop mulai menjamur.

Source: 1, 2.

Leave a Reply