TIPS MEMBUAT NAMA BRAND UNTUK COFFEE SHOP

Bisnis coffee shop adalah salah satu bisnis yang memiliki pangsa pasar luas, dan dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Tidak hanya orang dewasa, kalangan anak muda pun banyak yang menjadikan coffee shop menjadi tempat nongrong atau istirahat setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Dan karena itu lah bisnis coffee shop tidak pernah sepi dan terus menjamur dengan berbagai inovasi yang dapat menarik pelanggan.

Mempunya coffee shop sendiri tentunya sangat membahagiakan. Namun ada satu hal penting yang tidak boleh dilupakan atau diremehkan saat anda membuat coffee shop, yaitu pemberian nama brand coffee shop.

Nama brand adalah wujud perkenalan pertama kepada calon pelanggan anda. Nama coffee shop merupakan hal vital karena itu merupakan sebuah identitas bagi usaha anda.

Apapun itu bentuk usaha yang ingin anda geluti, apakah baru memulai toko ritel, usaha kuliner maupun coffee shop, anda perlu memperhatikan penamaannya karena itu akan menjadi hal pertama yang diingat oleh pelanggan anda.

Untuk membantu Anda dalam memilih nama cafe yang tepat, berikut adalah tips yang dapat diperhatikan:

Mewakili Identiras Bisnis

Hal pertama dan paling penting dalam mencari nama coffee shop yang tepat adalah pastikan bahwa nama tersebut mewakili bisnis anda. Nama cafe merupakan identitas bisnis yang menunjukkan kepada pangsa pasar dan hal apa yang anda tawarkan untuk mereka. Dengan begitu, orang pun dapat dengan mudah paham dengan apa yang diunggulkan dari cafe anda dan tertarik untuk berkunjung. Contohnya Channel Barbershop & Cafe, atau Sederhana Baru padang Food & Cafe.

Simpel dan Relevan

Terkadang nama cafe yang dibutuhkan dan cocok untuk bisnis Anda jauh lebih simpel dari yang dipikirkan. Nama yang simpel dan pendek namun mudah diingat akan lebih membekas di benak calon konsumen. Anda juga bisa menggunakan nama yang relevan dengan lokasi, misalnya Warung Ngopi Rangkasbitung, dan Korintji Heritage House.

Nama Yang Mudah Diingat

Toko dengan nama yang mudah diingat tentunya akan lebih cepat dikenal oleh konsumen. Buatlah sebuah nama yang membuat banyak orang terngiang-ngiang dengan nama toko anda, bahkan meskipun mereka baru sekali berkunjung.

Nama toko anda juga harus enak didengar di telinga konsumen saat mereka menyebutnya dengan lantang. Usahakan nama yang anda berikan kepada toko anda tersebut singkat, padat, jelas, contohnya Cicipi Kopi, Coffee Zen, Corner Coffee

Memberikan Nama Yang Unik

Selain mudah diingat, nama toko anda juga harus unik. Maksud unik di sini adalah jangan membuat nama toko dengan meniru nama toko lainnya. Nama toko anda harus berbeda dengan yang lainnya. Usahakan banyak orang yang tertarik dan penasaran ketika mendengar nama toko anda itu. Sebagai contoh, KOKO.PI dan S+Coffee memiliki nama yang unik dan mudah diingat.

Memberikan Nama Dengan Elemen Positif

Nama toko harus memiliki kandungan elemen positif di dalamnya. Dengan memasukkan unsur-unsur kata yang positif maka akan membuka peluang positif ke toko anda pula. Nama coffee shop yang bagus baiknya mengandung kata-kata seperti megah, cerah, terang akan membuat pelanggan percaya. Seperti Nice Coffee, dan Kopi Sugeng.

Menyertakan Angka yang Anda Sukai

Meyematkan angka yang menurut anda bagus pada nama toko anda juga layak dicoba. Pilihlah angka yang merupakan angka keberuntungan anda, dengan harapan bahwa angka tersebut akan memberikan peluang baik bagi usaha anda. Contohnya adalah 101 Coffee House

Menggunakan Nama Diri Sendiri

Menggunakan nama diri sendiri sebagai nama coffee shop juga dapat anda coba. Keuntungannya ketika anda menggunakan nama diri sendiri adalah konsumen anda akan lebih mengenal anda.

Dengan mengenal anda, maka kepercayaan konsumen terhadap anda dapat meningkat dengan lebih cepat. Antara anda dan konsumen anda juga akan tercipta keakraban serta suasana belanja yang tidak kaku. Dari sana akan tumbuh loyalitas konsumen secara bertahap.

Menyertakan Logo

Selain nama, logo juga menjadi salah satu bagian dari identitas cafe yang penting dalam mengenalkan bisnis anda kepada calon konsumen. Aspek visual memang lebih mudah diingat dan dapat membekas cepat dalam benak seseorang dibandingkan nama. Jadi pastikan anda juga membuat logo yang eye-catching dan tentunya merepresentasikan bisnis coffee shop yang akan dijalankan.

Memiliki Nilai Jual

Perlu Anda ingat bahwa bagaimanapun juga dasar dari bisnis adalah menjual sesuatu, dan tidak terkecuali pada bisnis cafe. Jadi carilah nama yang memiliki nilai jual dan mudah untuk diiklankan, terutama pada media online yang sering digunakan oleh kalangan anak muda sebagai pangsa pasar.

Bagaimana? Apakah anda sudah mendapatkan gambaran hendak memberikan nama apa kepada toko anda? Jadi pertimbangkan secara lebih matang untuk menamai nama toko anda. Jika anda sudah menemukan sebuah nama yang cocok, sebaiknya anda melakukan pengecekan kembali apakah nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Hal ini di harus lakukan karena akan berkaitan dengan masalah hak cipta dan merk dagang. Jika Anda menggunakan nama yang sudah digunakan dan didaftarkan, bisa-bisa bisnis Anda terhambat dengan perkara hukum di kemudian hari.

Untuk menghindari terjadinya hal ini, anda dapat mencari beberapa opsi nama sebagai cadangan jika sudah ada yang dipakai orang lain. Kalau anda sudah memastikan bahwa nama tersebut belum digunakan dan didaftarkan, anda dapat mendaftarkannya pada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hal ini untuk melindungi bisnis anda dari pelanggaran hak cipta dan permasalahan hukum lain yang mungkin muncul nantinya.

Jika anda ingin membuka kedai kopi atau coffee shop dan bingung bagaimana mengawalinya, bingung kedai kopi seperti apa yang cocok dengan target konsumen yang ada, anda dapat menjalin kemitraan bersama Coffeland Indonesia. Kami menyediakaan solusi bagi anda yang ingin memulai usaha kedai kopi dengan Merek atau Brand anda sendiri, paket kemitraan kedai kopi terdiri dari beberapa paket yang dapat dipilih sesuai dengan konsep dan segmentasi yang anda butuhkan.

Kami memiliki tiga paket kemitraan, yaitu: Paket Mini CafePaket Coffee Shop, dan Paket Coffee House. Dimana dalam paket kemitraan sudah termasuk:

  • Mesin kopi merk Bezzera dari Italy berikut Grinder (penggiling kopi). Peralatan yang dibutuhkan dalam usaha coffee shop anda, misalnya : cangkir, gelas, kulkas dan seluruh peralatan untuk bisnis coffee shop
  • Bahan baku awal
  • Pelatihan tanpa batasan jumlah karyawan
  • Saran konsep desain dan software penjualan (optional).

Sehingga anda cukup menyediakan lokasi dan karyawan untuk menjalankan bisnis kedai kopi. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, anda dapat menghubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >>

  

 

Source: 1.

Leave a Reply