Mungkin anda pernah meminta tolong teman, atau kerabat yang sedang bepergian untuk membelikan oleh-oleh biji kopi. Apalagi, kalau biji kopi tersebut jarang bisa ditemui di daerah tempat anda tinggal. Rasanya tak sabar sekali ingin mencicipinya, bukan? Namun, alih-alih datang dan membawa biji kopi yang utuh, mereka datang dengan biji kopi yang sudah digiling

Apa yang dapat dilakukan saat menerima biji kopi yang sudah terlanjur digiling?

Jangan khawatir, karena sebenarnya ada 3 cara mudah untuk mengakalinya:

Jadikan Sebagai Cold Brew

Source

Cold brew adalah biji kopi yang sudah digiling dan direndam pada temperatur ruangan selama 12 jam atau lebih, yang kemudian disaring lagi sehingga tidak meninggalkan sisa-sisa bubuk dari kopi tersebut. Setelah disaring, hasil dari rendaman kopi ini didinginkan di kulkas. Saat hari sedang panas, cold brew bisa menyegarkan dahaga! 🙂

Dengan menggunakan rasio 1:10 hingga 1:12, berikut resep mudah membuat cold brew:

  1. Siapkan botol berbahan kaca ukuran apa saja
  2. Masukkan biji kopi yang sudah digiling mediumatau coarse ke dalam botol
  3. Tuang air dengan suhu ruangan ke dalam botol tersebut
  4. Pastikan seluruh bubuk kopi terendam hingga rata lalu aduk untuk beberapa saat
  5. Tutup botol dengan rapat dan biarkan selama 12 hingga 20 jam pada suhu ruangan atau bisa juga langsung ditaruh di dalam kulkas
  6. Setelah 12 hingga 20 jam, saring kopinya ke gelas/wadah lain dengan menggunakan paper filteragar tidak ada sisa-sisa bubuk kopi yang ikut.
  7. Cold brew sudah siap dinikmati.

Jadikan sebagai Coffee Ice Cube

Source

Cara kedua adalah dengan memanfaatkan biji kopi yang sudah digiling menjadi coffee ice cube atau es batu kopi. Cocok untuk dijadikan tambahan untuk minuman dingin. Atau, bisa pula Anda nikmati dengan mencampur es batu kopi ini dengan susu segar. Wah, menyegarkan dan enak sekali!

Mau coba? Caranya cukup mudah:

  1. Siapkan French Pressdan masukkan biji kopi yang sudah digiling
  2. Seduh kopi dengan air mendidih menggunakan rasio 1:10
  3. Tunggu beberapa saat hingga kopi mencapai suhu ruangan
  4. Siapkan cetakan es, lalu tuangkan kopi ke dalamnya dan taruh di dalam freezerhingga beku
  5. Jika sudah membeku, ambil dan taruh beberapa ice cube ke dalam gelas sesuai selera dan tuang susu segar
  6. Kopi sudah bisa dinikmati! Untuk Anda yang suka rasa manis, bisa ditambahkan gula cair.

Jadikan sebagai scrub

Source

Campurkan bubuk kopi yang sudah digiling dengan minyak zaitun dan jadilah scrub yang dapat melembutkan kulit.

Selain dijadikan scrub, biji kopi yang sudah terlanjur digiling juga dapat disulap menjadi pengharum kamar mandi atau pengharum lemari es. Dengan begini anda tidak akan merasa bersalah telah membuang kopi yang proses perjalanannya begitu panjang dan melibatkan banyak tangan yang sudah bekerja keras. Semoga tips yang kami berikan dapat membantu anda yang saat ini sedang memiliki permasalahan dengan biji kopi yang sudah digiling.

 

 

 

 

 

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply