TIPS MENIKMATI KOPI | AMAN BAGI PENDERITA MAAG

Kopi memang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi pecinta kopi yang sudah menjadikan kopi sebagai sahabat tak terpisahkan. Baik menemani ketika sendiri atau menjadi pelengkap tawa ketika bersama sahabat atau kolega.

Kafein yang mengalir ke dalam tubuh akan diserap oleh darah hingga kemudian sampai ke otak. Adanya kafein akan meningkatkan norepinephrine dan dopamine sehingga otak akan mampu bekerja lebih maksimal. Selain itu kopi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, misalnya seperti mempertajam emosi, mengasah otak, dan meningkatkan kewaspadaan.

Akan tetapi Bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan kondisi asam lambung, minum kopi adalah salah satu aktivitas yang umumnya dihindari. Meski sudah mengetahui kafein yang terkandung di dalam kopi dapat memicu munculnya asam lambung, pada beberapa kasus beberapa orang tidak bisa meninggalkan kebiasaan minum kopi. Lantas, adakah kopi yang aman untuk lambung? dengan cara yang tepat penderita asam lambung tetap bisa menikmati kopi tanpa khawatir perut sakit dan melilit.

Berikut tips aman menikmati kopi bagi Anda penderita maag:

Pilih Kopi Rendah Kafein

Sudah menjadi rahasia umum apabila kandungan kafein dalam kopi arabika lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi Robusta. Selain itu kadar acidity arabica juga lima puluh persen lebih rendah dari Robusta. Oleh sebab itu kopi arabica adalah pilihan yang tepat bagi penderita maag agar perut tetap nyaman.

Seduh Manual

Bagi pencinta kopi tentunya tidaklah asing dengan manual brew. Kopi yang diseduh secara manual menggunakan filter penyaring kopi. Adanya filter ini menyeleksi karakter-karakter baik dalam kopi, tidak hanya akan membuat karakter asli kopi keluar, namun juga membuat kopi menjadi lebih ringan karena proses ekstraksi. Bagi penderita asam lambung, metode seduh manual ini bisa menjadi jalan keluar yang tepat saat ingin menikmati kopi.

Meminum Olahan Kopi Segar

Para ahli kopi rata-rata memberikan saran untuk membeli kopi dari olahan biji kopi asli. Kopi yang segar biasanya tidak ada campuran lain yang masuk ke dalam bubuk kopi sehingga yang diseduh dan dinikmati adalah kopi original tanpa campuran bubuk lainnya.

Batasi Jumlah Kopi yang Dikonsumsi

Meski diperbolehkan minum kopi, bukan berarti harus mengkonsumsinya sesuka hati, semuanya harus sesuai batasan dan aturan. Menurut penelitian, batas aman konsumsi kafein setiap harinya adalah 100-200 mg saja atau di bawah 300 mg. Pada segelas kopi, biasanya mengandung 100 mg kafein. Oleh sebab itu dalam sehari idealnya meminum kopi cukup 1-2 gelas saja. Meski begitu, setiap orang memiliki batas toleransi kafein yang berbeda-beda. Sehingga harus tetap memahami kondisi tubuh masing-masing, Terutama bila Abdi Kopi merupakan penderita asam lambung.

Minum Kopi Setelah Makan

Bagi pencinta kopi seringkali tak mengenal waktu untuk menyecap nikmat dan wanginya seduhan bubuk kopi. Namun kebiasaan ini sebenarnya tidak baik. Kopi yang masuk ke dalam lambung yang kosong akan membuat asam lambung meningkat hingga menimbulkan perut melilit atau rasa mual karena asam lambung akan naik hingga kerongkongan. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi kopi setelah makan, minimal satu jam setelah makan. Bisa juga minum kopi dibarengi dengan melahap makanan ringan.

 

Untuk pemesanan kopi Arabica Anda dapat memesannya di Coffeeland Indonesia. Kami juga menyediakan,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, silahkan hubungi Tim Marketing kami,

 

 

 

   

 

 

Source: 1

 

 

 

 

Leave a Reply