Peluang Bisnis Kedai Kopi

COFFEE shop adalah sebuah lahan bisnis menjanjikan jika anda mengetahui bagaimana cara mengembangkannya. Pertumbuhan coffee shop di Indonesia sendiri sudah mengalahkan pertumbuhan jamur di musim hujan. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Bandung atau Surabaya, kota-kota kecil sekalipun sudah memiliki banyak sekali gerai kopi yang menjamur meski memiliki standar dan pasar yang berbeda-beda.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi yang besar di dunia. Bukan hanya untuk tujuan ekspor, masyarakat Indonesia sendiri pun juga suka minum kopi. Pada saat ini kemunculan tren nongkrong di Coffee Shop (kedai kopi) sangat digemari baik wanita, laki-laki, tua atau pun muda. Adanya tren tersebut menjadikan suatu peluang bisnis tersendiri bagi para pengusaha kedai kopi dan calon pengusaha kedai kopi. Meskipun persaingan dalam bisnis kedai kopi cukup ketat, anda tidak usah khwatir dengan persaingan usaha kedai kopi anda, karena setiap usaha kedai kopi pasti memiliki pasar sendiri dan konsep yang berbeda. Ketika seseorang itu memutuskan untuk memulai usaha kedai kopi tentunya tidak akan main-main dalam menentukan lokasi. Apalagi ketika anda mampu memberikan suatu yang istimewa, unik, dan beda dari kedai kopi lainnya, maka peluang keuntungan dari usaha kedai kopi ini masih sangatlah besar. Banyak kesempatan untuk bisa mengeruk keuntungan dari bisnis ini.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa bisnis Kedai Kopi sangat menjanjikan? :

Saat ini minum kopi sudah menjadi gaya hidup (lifestyle) di Indonesia, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, minum kopi adalah suatu ritual yang unik. Akhirnya minum kopi pun sudah mulai menjadi gaya hidup, baik kalangan elit, menengah, maupun masyarakat kecil. Bahkan seperti layaknya suatu ritual khusus, ritual minum kopi ini membutuhkan tempat yang juga istimewa untuk menikmati kelezatan kopi. Rasanya yang khas dan aromanya yang unik menjadikan kopi sebagai suatu hal yang menarik. Para penikmat kopi akan benar-benar memilih citarasa kopi yang nikmat dan tempat yang nyaman untuk menikamtinya. Dan alasan-alasan itulah yang bisa di manfaatkan oleh pengusaha kedai kopi atau calon pengusaha kedai kopi sehingga bisnis kedai kopi ini akan sangat menjanjikan ke depannya.

Langkah Sukses Membuka Usaha Kedai Kopi

Berikut adalah hal-hal yang dapat membuat usaha kedai kopi anda menjadi menarik:

  1. Lokasi yang strategis atau mudah dijangkau oleh pelanggan anda,
  2. Konsep dan desain interior yang menarik dan berbeda dengan kedai kopi yang sudah ada di sekitar anda,
  3. Menu dan Kualitas Bahan baku juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan anda,
  4. Cara penyajian dibuat semenarik mungkin,
  5. Berikan diskon khusus di momen-momen tertentu,
  6. Kecepatan dalam pelayanan dan edukasi produk pada pelanggan akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman berada di kedai kopi anda,
  7. Mengadakan kegiatan di kedai Kopi anda seperti edukasi tentang kopi, atau koacing klinik tentang cara menyajikan kopi yang baik dapat menarik pelanggan yang ingin tahu lebih banyak produk dan kualitas dari kedai kopi anda.

Coffeeland Indonesia dapat menjadi solusi anda untuk memulai bisnis coffee shop atau kedai kopi, dengan beberapa paket mulai dari: Paket Mini Coffee, Paket Coffee Shop dan Paket Coffee House. didalam masing-masing paket telah terdapat diantaranya:

  • Mesin kopi merk Bezzera dari Italy berikut Grinder (penggiling kopi). Peralatan yang dibutuhkan dalam usaha kedai kopi anda, misalnya : cangkir, gelas, kulkas dan seluruh peralatan untuk bisnis kedai kopi.
  • Bahan baku.
  • Pelatihan tanpa jumlah batasan peserta.
  • Saran konsep desain dan software penjualan (optional).

Sehingga anda cukup menyediakan lokasi dan karyawan yang akan di latih menjadi barista handal untuk menjalankan bisnis kedai kopi.

Gerai kopi yang menjadi mitra Coffeeland saat ini telah berjumlah 30 mitra yang tersebar dibeberapa kota dan kabupaten di Indonesia, seperti : Provinsi Jambi, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Flores, Cianjur, Cirebon dan lain-lain.

Foto Coffee Cupping Session :

  

Mitra-mitra Coffeeland Indonesia :

 

  

  

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *