RASIO TERBAIK UNTUK SEDUHAN KOPI

 

Bagi para peenikmat kopi pemula mendengar kata “rasio kopi” sungguh terkesan sangat ilmiah, dan akan terasa sulit untuk dipelajari. Pada kesempatan kali ini, kami inginmenjelaskan sekilas tentang rasio seduhan, Agar Anda dapat mengeksplorasi perbedaan rasa di setiap seduh kopi dengan rasio yang berbeda.

Rasio adalah perbandingan bubuk kopi dengan air yang digunakan, yang akan berpengaruh pada kekuatan/kekentalan rasa kopi yang dihasilkan. Rasio seduh bisa berkisar mulai 1 gram kopi berbanding 1 ml air (1:1) sampai 1 gram kopi berbanding 30 ml air (1:30). Dalam dunia specialty coffee umumnya rasio yang digunakan adalah 1 gram kopi berbanding 13-18 ml air.

Brew Ratio untuk espresso adalah 1:1 – 1:3, atau Berbeda dengan rasio untuk menyajikan kopi pada umumnya, seperti yang kita ketahui rasio umum The Golden Brew Ratio adalah 1:18. Rasio dalam menyajikan espresso pada skala 1:1 , 1:2, atau 1:3, namun rasio manakah yang sesuai? Tergantung selera rasa dan juga single origin tertentu.

Rasio yang umum digunakan adalah 1:17, banyak yang berpendapat bahwa rasio ini memungkinkan peluang terbaik untuk mendapatkan ekstraksi yang  ideal, proses melarutkan rasa dari bubuk kopi ke dalam air dengan kekuatan komplementer. Rasio ini sangan umum digunakan untuk metode penyeduhan secara manual dan otomatis.

Setiap penyeduhan memiliki sedikit perbedaan untuk standart rasio penyajiannya, rasio yang direkomendasikan untuk metode penyeduhan “full immersion” seperti French Press , Clever drippers , dan Syphon . Metode-metode ini membutuhkan rasio yang lebih padat, yaitu rasio1:15 seperti yang ditunjukkan pada diagram di bawah ini.

Karena air dan kopi larut bersama lebih lama dengan metode Full Immersion dibandingkan dengan metode menetes seperti dripper otomatis atau penyeduhan, di mana air mengalir melalui bubuk kopi yang sudah digiling , ada lebih banyak waktu untuk ekstraksi yang terjadi, jadi sedikit bubuk kopi membantu menyeimbangkan rasa. 

Tidak ada standar baku untuk rasio, tidak ada yang benar atau salah, semuanya tergantung dari selera masing-masing.

Ingin beli kopi arabika asli Indonesia? Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia. Teredia dalam kemasa250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source: kopitree.co.id