MANFAAT KOPI UNTUK KESEHATAN RAMBUT

 

Kopi memiliki segudang manfaat yang tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh dan kulit, namun saat ini juga kopi dipercaya dapat bermanfaat untuk kesahatan rambut. Akhir-akhir ini bahkan muncul trend baru yakni keramas dengan kopi.

Seduhan kopi yang tidak hanya dinikmati oleh kalangan anak muda, kini juga diminati sebagai solusi masalah kecantikan khsususnya bagi wanita. Berikut beberapa manfaat bubuk kopi untuk kesehatan rambut:

Melembutkan dan Meningkatkan Kilau Rambut

jika Anda mengalami masalah rambut tampak kusam, rapuh, dan kering. Antioksidan dalam kopi dapat mendorong regenerasi rambut, maka dari itu membilas rambut dengan kopi dipecaya dapat memperbaiki rambut kusam.

Selain itu, efek diuretik dari kafein pada tubuh tidak dapat menghilangkan minyak pada rambut. Justru akan membantu dalam mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami

Membuat Rambut Subur

Seiring bertambahnya usia, rambut dapat mengalami kerontokan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan menerapkan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepala. Cara tersebut dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mendorong kembali pertumbuhan rambuti.

Biasanya pria mengalami kebotakan ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Sedangkan kebotakan pada wanita juga bisa disebabkan karena terlalu banyak DHT.

Dalam sebuah penelitian, kopi mengandung kafein yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan.

Mengatasi Uban

Memutihnya warna rambut karena usia maupun faktor lainnya, juga cukup mengganggu bagi sebagian orang. Kandungan pada kopi mampu mengembalikan warna pada rambut yang mulai memudar.

Caranya, cukup dengan keramas menggunakan kopi dengan tekstur yang cukup kental agar kandungan pada kopi bisa menyerap lebih maksimal.

Mengatasi Ketombe

Keramas dengan kopi juga cukup ampuh untuk mengatasi ketombe dan memperkuat jaringan rambut yang mulai rapuh. Kopi mampu mendetoksifikasi kulit kepala dan menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Sehingga, rambut smenjadi lebih sehat dan ternutrisi.

Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala

Kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi, kandungan pada kopi tersebut mampu membantu meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Antioksidan mampu menutrisi kulit kepala dan mengalirkannya ke setiap jaringan rambut agar lebih sehat.

 

 

 

 

Source: jateng.tribunnews.com