STRATERGI PENJUALAN UNTUK COFFEE SHOP SELAMA PANDEMI COVID-19

 

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia berdampak pada berbagai sektor usaha, tak terkecuali industri F&B.  Banyak pebisnis kuliner, restoran, dan juga coffee shop di seluruh dunia terpaksa menutup usahanya untuk sementara waktu, dan tak sedikit juga yang mengalami kebangkrutan.

Industri F&B merupakan industri yang paling terdampak akibat penyebaran virus corona atau Covid-19 yang semakin meluas. Selama pandemi, para pengusaha yang bergerak di industri F&B telah mencari cara agar bisnis yang mereka jalankan tetap eksis dan melayani pelangannya.

Tentunya tidak mudah untuk merubah inti operasi bisnis, seperti membuka / melayani untuk pemesanan take away saja, atau bekerja sama dengan perusahaan layanan antar agar pelanggan Anda dapat tetap menikmati produk Anda dari rumah. Berikut adalah 5 strategi penjualan untuk coffee shop selama pandemi Covid -19:

  • Menjual makanan siap saji beserta dengan pelengkapnya

Membeli makanan adalah keuntungan tersendiri, tetapi membeli pengalaman adalah sesuatu yang sulit untuk digantikan. Beberapa café / coffee shop sudah mulai menjual produk makanan /minuman siap saji, atau produk yang memungkinkan konsumen untuk membuat sendiri makanan dan minuman berkualitas andalan café / coffee shop favorit mereka langsung dari rumah. Beberapa dari mereka juga mengemasnya menjadi menu “survival kits” agar lebih menarik.

Walaupun tidak menyuguhkan pengalaman seperti bersantap langsung di café / coffee shop, tetapi hal ini dapat menjadi alternatif yang menarik.

  • Membuka kelas pelatihan online

Membuka kelas pelatihan online seperti manual brewing dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pelanggan. Dengan begitu pelanggan akan tetap berinteraksi dengan café / coffee shop favorit mereka. Anda juga bisa membagikan resep andalan café / coffee shop milik Anda sendiri dalam materi pelatihan. Dengan membagikan resep kepada peserta pelatihan, Anda dapat mendorong mereka untuk membeli bahan baku dan equipment yang digunakan pada saat pelatihan.

  • Memanfaatkan sosial media untuk beriklan

Melakukan promosi media sosial untuk saat ini memang menjadi prioritas yang utama. Pastikan untuk menggunakan foto berkualitas tinggi dan selalu berikan promo menarik untuk pelanggan. Anda juga dapat menggunakan iklan social media ini untuk mengarahkan orang membuka situs web Anda sendiri.

Selain melalui sosial media, Anda juga dapat memberikan promo untuk pembelanjan melalui aplikasi pihak ketiga seperti Go Food ataupun Grab Food yang dapat membantu mengoptimalkan penjualan produk Anda.

  • Menjual paket bundling

Tujuan dari paket bundling ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk dengan memberikan kemudahan pembeli, pengehematan waktu, memperkecil biaya promosi, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada konsumen

Contohnya yaitu  konsumen dapat membeli paket makanan dan minuman dengan harga spesial atau Anda juga dapat memberikan penawaran berupa pembelian minuman beserta tumblernya.

  • Fokus untuk tetap berinteraksi dengan pelanggan

Dengan fokus menerapkan strategi untuk tetap berinteraksi dengan pelanggan dapat memperkuat hubungan antara café / coffee shop dengan pelanggannya. Dengan begitu , bisnis Anda akan selalu diingat oleh para pelanggan.

Selama masa-masa sulit ini, masyarakat masih mencari café / coffee shop untuk memberikan tingkat kenyamanan dan perasaan yang sama seperti yang mereka alami beberapa bulan yang lalu saat mereka bisa menikmati makanan dengan suasana café / coffee shop. Meskipun prosesnya mungkin sedikit berbeda untuk saat ini.

Pandemi Covid-19 harus menjadi semangat supaya kita kita lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan bisnis agar usaha café /coffee shop yang kita miliki tetap berjalan.

Bagi anda yang ingin berbisnis kedai kopi, dapat bermitra bersama Coffeeland Indnesia. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 81 juta hingga 128,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing melalui Whatsapp.

 

  

 

 

 

 

Source: wordstream.com