SERUPA TAPI TAK SAMA, INI PERBEDAAN CARA PENYAJIAN KOPI ARAB DAN KOPI TURKI

 

Source: unsplash.com

Kopi menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia, bahkan beberapa negara dunia memiliki racikan kopi khasnya tersendiri seperti kopi arab dan kopi turki. Banyak orang yang menganggap kopi Turki dan Kopi Arab memiliki racikan dan cara penyajian yang sama, namun sebenarnya cara penyajian kedua kopi tersebut sangat berbeda lho.

Kopi Turki

Source: unsplash.com

Kopi turki dibuat dengan menggunakan metode yang disebut Levant. Kopi turki dibuat tanpa filter. Biji kopi yang sudah di-roasting kemudian digiling hingga halus, biasanya teksturnya seperti bubuk kakao. Kopi biasanya direbus juga bersama gula dan kapulaga dalam panci yang disebut cezve atau ibrik. Yang menjadi ciri khasnya adalah kopi selalu dimasak bersama gula, bukan dicampurkan setelah kopi akan disajikan. Kopi disajikan dalam cangkir kecil dan diaduk sebentar sesaat akan disajikan.

Kopi Turki biasanya menggunakan biji kopi yang dipanggang dengan tingkat gelap. Saat digiling, kopi ini akan menghasilkan bubuk halus. Oleh karena itu, tidak perlu banyak waktu untuk menyeduh kopi ini karena kopi Turki bisa diseduh dalam beberapa menit saja. Kopi turki memiliki cita rasa yang kuat dan intens.

Kopi Arab

Source: pixabay.com

Kopi arab biasa disebut al-qahwa dan terbuat dari biji kopi yang dipanggang dan dihaluskan. Kemudian kopi dimasak bersama campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh atau kunyit. Kopi biasanya disajikan sepanjang proses makan.

Tingkatan roasting biji kopi yang yang digunakan biasanya light to medium dengan gilingan kopinya tidak sampai bubuk halus. Tekstur kopinya masih berbentuk butiran. Racikan kopi Arab lebih disukai oleh penduduk lokal Timur tengah karena mereka bisa mencicipi kopi dengan sedikit rasa buah.

Minuman kopi arab ini disajikan dalam panci khusus yang disebut dallah dan disajikan dalam cangkir kecil bernama fenjan. Biasanya kopi arab diminum bersama makanan pendamping seperti kacang-kacangan atau buah kering.

 

Bagaimanapun cara penyajian kopinya, pastikan juga kopi yang Anda pilih adalah kopi yang terjamin kesegaranya seperti produk kopi Coffeeland indonesia.

Ingin beli kopi kopi asli Indonesia? Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Tersedia dalam kemasan 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

Source: lifestyle.okezone.com

Featured Image: unsplash.com