CARA KEDAI KOPI LOKAL DAPAT BERTAHAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Penyebaran covid-19 yang begitu cepat dan terus meluas ke berbagai wilayah di Indonesia, membuat banyak para pelaku bisnis, mulai dari industri, jasa, tekstil, makanan, dan pariwisata menjalankan bisnisnya dengan hati-hati, tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk tutup sementara, untuk membatasi penyebaran pandemi virus ini. Tak jauh berbeda dengan para pebisnis di industri kopi, mereka melayani pembeli dengan melakukan layanan delivery service dan take away saja. Lalu bagaimana cara pemilik kedai kopi mempertahakankan bisnisnya di tengah pandemi virus saat ini?

Bagi anda para pemilik kedai kopi, anda masih memiliki harapan, mungkin keuntungan dan penghasilan tak sebanyak sebelum Covid-19 datang, akan tetapi setidaknya anda masih bisa mengusahakan bisnis anda berjalan dengan cara sederhana seperti ini:

Memberlakukan Take Away Order

Semua orang khususnya pecinta kopi pasti membutuhkan kopi, meskipun disaat pandemi seperti ini. Para pemilik kedai kopi bisa menggunakan layanan take away, agar para customer masih tetap bisa menikmati kopi seperti biasa. Jangan lupa bekerjasama dengan ojek online yang sangat berperan besar mengantarkan pesanan kopi-kopi anda. Selagi anda menjalankan layanan take away ini, maka pelan-pelan bisnis kopi anda masih akan tetap berjalan.

Layanan Delivery Service

Disaat pandemic seperti ini, para pemilik kedai kopi harus memberlakukan layanan antar kopi langsung ke rumah pelanggan/customer. Pelayanan yang biasa dilakukan di dalam kedai kopi, bisa berganti menajdi kurir antar. Delivery service ini bisa dilakukan dengan minimum belanja tertentu dan jarak yang ditentukan. Yang terpeting dalam delivery service adalah pelayanan yang maksimal, tepat waktu dan tentunya higienis.

Memberikan Promosi

Di tengah pandemi virus corona seperti ini, kebanyakan orang mengatur pengeluaran keuangan mereka dan senantiasa hemat. Kedai-kedai kopi yang amsih beroperasi bisa mengadakan promosi yang menggiurkan, dengan begitu Produk kopi anda masih tetap laku.

Menyediakan Biji Kopi untuk Diseduh di Rumah

Bagi kedai kopi yang menyediakan biji kopi, tak ada salahnya menawarkankedapa para pelanggan untuk membeli biji kopi dan menyeduhnya dirumah. Jadi para pelanggan masih bisa ngopi dengan kenikmatan yang kurang lebih mirip seperti di kedai kopi. Jad semua orang bisa aman dan nyaman ngopi enak dirumah.

Saling Bantu antar Pebisnis Kopi

Di saat seperti ini, kita tentu tak bisa maju sendiri. Oleh karena itu, diperlukan saling dukung dan bantu antar kedai kopi. Ajak teman-teman pebisnis kopi anda untuk bergabung memberlakukan ngopi di rumah agar kopi masih tetap dibeli dan bisnis tetap berjalan.

 

  

 

 

Sumber: kumparan.com,  majalah.ottencoffe.co.id

Leave a Reply

WhatsApp chat