DIY & MANFAAT MASKER KOPI BAGI RAMBUT

Tahukah Anda, kopi tak hanya digunakan untuk perawatan wajah saja melainkan bisa juga digunakan sebagai perawatan bagi rambut. Apa saja manfaat kopi untuk kesehatan rambut? Yuk, simak sama-sama!

  1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kafein dalam kopi ternyata bagus sekali untuk merangsang pertumbuhan rambut. Karena itu, manfaatkan ampas kopi yang juga mengandung kafein.Caranya gampang kok. Seduh kopi bubuk dan tunggu beberapa saat hingga suhunya turun. Setelah itu, tuangkan cairan kopi beserta ampasnya ke seluruh rambut. Gosokkan ampasnya pada kulit kepala, pijat selama beberapa menit, lalu bilas dan lanjutkan dengan keramas.

  1. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Selain lebih hemat, rambut juga akan terhindar dari kerusakan karena menggunakan bahan-bahan alami. Caranya mudah, campurkan 1 sendok makan kopi bubuk jenis apa saja dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan mulai dari bagian tengah batang rambut (tak perlu dari akar) hingga ke ujung rambut. Tunggu sampai 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Membersihkan Kulit Kepala dan Mengatasi Ketombe

Mirip seperti scrub untuk wajah, ampas kopi juga mampu membersihkan minyak dan mengangkat kotoran. Karena itulah, ampas kopi juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Anda bisa langsung menggunakan ampas kopi yang diaplikasikan merata pada kulit kepala sambil dipijat perlahan. Setelah itu, bilas menggunakan air atau lanjutkan dengan keramas menggunakan shampo agar tak ada ampas yang tertinggal. Jika dilakukan rutin selama 3 kali seminggu, kulit kepala akan bersih dan terbebas dari ketombe.

  1. Menjadikan Rambut Lebih Lembut dan Harum

Anda punya rambut yang kering dan kaku? Coba rawat juga dengan bantuan kopi! Campurkan kopi bubuk dengan kondisioner yang biasa Anda pakai. Kopi akan membantu Anda melembutkan rambut yang kering dan kasar secara alami. Nggak cuma itu, kondisioner campuran ini juga akan membuat rambut Anda harum seperti kopI

  1. Pewarna Rambut Alami

Orang-orang yang ingin menambah sedikit warna alami kecokelatan pada rambut juga bisa mencobanya dengan menggunakan kopi. Untuk mewarnai rambut dengan kopi dilakukan dengan cara:

  • Seduh bubuk kopi di gelas, dinginkan hingga mencapai suhu kamar.
  • Ketika suhu sudah dingin, kopi di gelas tersebut dimasukan dalam baskom besar agar pergerakan tahap selanjutnya lebih mudah.
  • Sedikit demi sedikit Anda bisa menuangkan air larutan kopi ke atas rambut dan kulit kepala sampai semua benar-benar basah kuyup.
  • Lalu peras rambut Anda dengan lembut, ikat rambut seperti dicepol, dan gunakan topi mandi atau¬†shower cap.
  • Diamkan rambut selama 30 menit hingga 3 jam.
  • Bilas rambut di kamar mandi setelahnya

 

Source: 1 , 2.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply