Peranan Sosial Media dalam Bisnis Coffee Shop

Di zaman yang serba teknologi ini sosial media sudah menjadi gaya hidup masyarkat di seluruh dunia. Di seluruh dunia masyarkatnya sudah mulai menggunakan sosial media dan di pastikan para pengguna sosial media ini akan terus bertambah. Dari facebook, blog/website, Pinterest, Instagram dan yang lainnya. Dan kini teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses sosial media bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Akibatnya seluruh sosial media, kini telah mengubah cara masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi di dalam kehidupan sosial.

Social media tidak hanya menjadi wadah berbagi dalam berinteraksi atau berkomunikasi tetapi dapat juga menjadi wadah yang efektif untuk melakukan promosi atau mengiklankan produk atau usaha anda secara online serta dapat berkomunikasi langsung dengan konsumennya.

Berpromosi lewat social media memiliki sejumlah keuntungan, antara lain lebih hemat biaya dan efektif. Selain itu, promo bisa dilakukan secara viral marketing dan langsung dilihat oleh calon konsumennya sehingga lebih mudah dalam menarik para konsumen baru. Social media juga dapat menjangkau beragam profil konsumen dari segmentasi yang ada (broad demographics).

kini tidak hanya sosial media saja yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat tetapi nongkrong di kedai kopi sambil ngobrol di temani kelezatan cita rasa dari kopi hal itu pun sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Sehingga peluang bisnis coffee shop pun semakin terlihat. Dengan melihat besarnya peluang bisnis coffee shop, kini bisnis coffee shop di Indonesia semakin bertambah. Padahal beberapa tahun yang lalu, hampir tidak mungkin kedai kopi lokal bersaing dengan kedai kopi dalam. Tetapi saat ini, coffee shop terkecil sekalipun dengan anggaran yang sangat kecil pun bisa bersaing. Yang mereka butuhkan adalah sebuah cerita yang patut diceritakan dan tentu saja, sebuah kopi yang layak diseduh. Jika mereka memilikinya, konsumen akan terus datang kembali.

Dengan melihat data persaingan coffee shop yang cukup ketat, peranan sosial media juga tentunya akan sangat membantu dalam bisnis coffee shop. Dengan adanya sosial media, bisnis coffee shop anda bisa menghemat dalam hal promosi. Karena masyarakat sudah menjadikan sosial media adalah gaya hidup mereka juga, maka dengan otomatis coffee shop anda akan mendapatkan konsumen dengan jangkauan luas tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk melakukan promosi.

Ketika coffee shop anda akan menggunakan sosial media sebagai alat promosi atau komunikasi maka tentunya coffee shop anda harus mempunyai akun sosial media yang akan di gunakan di coffee shop anda, seperti akun facebook, Instagram, dan blog. Akun sosial media yang akan di gunakan coffee shop anda penting untuk di jaga kehadiran dan keaktifannya karena hal itu akan lebih meyakinkan konsumen kepada coffee shop anda. Pikirkan tentang apa yang ingin anda sampaikan dengan konten yang akan di posting dan ingatlah selalu tentang pencitraan atau merk coffee shop anda saat membuat atau berbagi konten.

Ada dua hal yang harus di perhatikan dalam mengelola soaial media untuk kesuksesan coffee shop anda:

  1. Konten

Konten harus disesuaikan agar sesuai dengan bisnis coffee shop dan target konsumen coffee shop anda. Perkenalkan mengenai keunggulan dari coffee shop anda seperti interior kedai kopi anda, kualitas kopi yang di sajikan, menu yang tersedia di kedai kopi anda, pelayanan kepada konsumen atau pelanggan dan lain-lain yang sifatnya tentang pencitraan atau merk coffee shop anda untuk menarik perhatian calon konsumen sehingga mereka tertarik dan penasaran untuk mengunjungi kedai kopi anda.

Coffee shop anda juga, perlu berhubungan dengan wilayah sekitar anda, fakta kopi yang menarik atau sesuatu yang coffee shop anda bisa berikan kepada audiens yang bersifat informasi untuk edukasi kepada mereka, yang akhirnya mempromosikan merk atau coffee shop anda.

  1. Interaksi

Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen anda. Sehingga konsumen menjadi pelanggan di coffee shop anda. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen mengunjungi coffee shop anda.

‘Sebelum’ adalah pada saat calon konsumen melakukan riset mengenai coffee shop yang akan di kunjungi di sosial media. ‘Pada saat’ adalah ketika konsumen berada di lokasi coffee shop anda, seperti: bagaimana cara melayani konsumen, dan bagaimana rasa dari kualitas kopi yang di sajikan, apakah sama seperti yang di infokan di konten akun sosial media coffee shop anda. Dan ‘setelah’ adalah ketika konsumen selesai mengunjungi dan mencicipi menu dari coffee shop yang telah di sajikan. Dan juga jangan lupa untuk memposting konten mereka pada saat menikmati menu yang di sajikan di coffee shop anda.

Sosial media sudah menjadi konsumsi semua masyarakat bahkan hampir semua kalangan menggunakan sosial media. Akibat dari sosial media ini yang bebas di gunakan oleh semua kalangan tidak sedikit masyarakat mendapat efek negatif akibat dari bebasnya penggunaan sosial media.  Namun tentunya banyak masyarakat juga yang merasa di untugkan, artinya banyak masyarakat yang mendapatkan efek positif dari sosial media. Kesuksesan bisnis kedai kopi atau coffee shop adalah salah satu hasil efek positif dari bebas nya penggunaan sosial media, karena dengan adanya sosial media mereka bebas pula untuk mempromosikan coffee shop-nya tanpa mengeluarkan biaya besar.

Tapi yang harus di perhatikan di dalam bisnis kedai kopi tidak hanya menggemborkan atau mempromosikan bisnis kedai kopi nya. Yang harus di perhatikan juga adalah kualitas atau ciri khas rasa kopi yang ada di kedai kopi anda. Agar konsumen coffee shop anda menjadi pelanggan tetap, bahkan tidak hanya menjadi pelanggan saja, mereka juga berpotensi merekomendasikan teman atau keluarga mereka untuk menjadi pelanggan coffee shop anda. Sehiangga hal itu juga akan membantu dalam mempromosikan kedai kopi anda.

Oleh karena itu, menjadi hal penting bagi anda untuk mencari suplier yang memiliki kualitas kopi yang akan menjadi ciri khas dan akan memberikan efek baik untuk merk coffee shop anda. Coffeeland Indonesia cocok untuk menjadi suplier coffee shop anda, karena kualitas kopi atau produk yang tersedia di Coffeeland Indonesia itu sangat menjamin kualitas yang yang di inginkan oleh konsumen coffee shop anda.

Bagi anda yang belum memulai cofee shop, anda juga bisa menjadi mitra kami, karena Coffeeland Indonesia sangat membuka peluang bagi anda yang ingin membuka bisnis kedai kopi dengan menawarkan tiga paket yaitu : Paket Mini Cafe, Paket Coffee Shop, dan Paket Coffee House.  Dengan adanya tiga paket yang kami tawarkan, itu akan mempermudah anda karena anda cukup menyediakan lokasi dan karyawan yang akan di latih menjadi barista handal untuk menjalankan bisnis kedai kopi.

Untuk pemesanan silahkan hubungi via What’s App:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *