TIPS MEMILIH TEMPAT PELATIHAN BARISTA

Source

Sajian kopi yang nikmat, tidak hanya dipengaruhi oleh biji kopi yang berkualitas tapi juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, di setiap kafe atau kedai kopi peran barista professional sangat diperlukan.

Jika anda ingin kursus dunia kopi, lebih baik memilih yang lengkap seperti kursus Pengantar Kopi, Kursus Barista, Kursus Pembuatan minuman, Keterampilan Sensorik, Kopi Hijau / Green Bean Coffee, dan Kursus roasting.

Anda tidak harus mempelajari keenamnya, anda juga tidak harus terdaftar dalam sekolah pendidikan formal untuk mempelajarinya. Banyak tempat kursus / pelatihan barista yang gratis tanpa biaya dan ada juga tempat kursus / pelatihan yang menawarkan pembayaran biaya prakteknya saja.

Jika anda sedang mencari tempat kursus / pelatihan barista, sebagai pertimbangan sebaiknya anda melihat dan mencari tahu materi –materi apa saja yang anda akan dapatkan, dan berikut adalah materi-materi tempat pelatihan barista:

Pengantar Kopi

Kursus setengah hari ini melihat bagaimana kopi, dari asal-usulnya di Ethiopia telah menjadi komoditas utama saat ini. Modul ini menjelaskan dari awal pada saat proses dari penanaman, pemetikan, pengeringan, pemanggangan, pembuatan minuman, hingga sampai kopi itu dapat dikonsumsi. Ini adalah modul pengantar yang baik untuk membantu anda memahami industri kopi, dan di mana anda ingin mengembangkan keahlian anda.

Keterampilan Barista

Tidak hanya akan mempelajari kopi secara lebih mendalam, materi ini juga akan mengembangkan keterampilan barista praktis. Materi ini akan mempelajari keterampilnan seorang barista seperti teknik mengolah susu, pembuatan steam milk, foam milk, seni latte, dll

Materi ini di khususkan untuk keterampilan di tempat kerja, seperti hospitality, belajar kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, dan juga pengenalan prinsip – prinsip bisnis dasar.

Pembuatan Minuman

Pada materi ini anda akan di ajarkan berbagai metode penyeduhan, termasuk Chemex, vacpot siphon, Clever, dan French press. anda juga akan belajar menganalisis profil grind anda.

Keterampilan Sensorik

Keterampilan Sensorik mengajarkan Anda hal-hal penting dari evaluasi sensorik dengan cara yang praktis dan interaktif. Ini menyelidiki cara kita memahami apa yang kita rasakan dan bagaimana menerapkan pengetahuan ini ketika mengevaluasi karakteristik alami kopi. Ini juga menawarkan wawasan untuk mengidentifikasi kualitas kopi, serta gambaran tentang bagaimana menerapkan ini dalam bisnis.

Kami menyarankan agar Anda tidak memakai parfum atau menggunakan sabun atau krim beraroma pada saat mengikuti kelas ini.

Green Bean Coffee

Modul Green Coffee mencakup konsep-konsep utama seputar kopi hijau, mulai dari menanam tanaman, pemrosesan, pengiriman, penyimpanan, dan kedatangan di roaster. Ini termasuk prinsip-prinsip penanaman kopi, pengolahan dan green coffee grading, kontrak kopi dan manajemen portofolio kopi hijau.

Pelatihan ini berguna baik bagi mereka yang ingin terlibat dalam pertanian kopi dan pembelian biji hijau.

Roasted / Sangrai

Menyangrai memberi anda pemahaman tentang proses pemanggangan, termasuk siklus daging sangrai dan cara mengontrol aspek sensori kopi dengan menyangrai cahaya atau gelap. Selain itu, pelatihan ini juga mempelajari bagaimana mengetahui cacat sangrai, perubahan fisik yang dialami biji selama proses sangrai.

Hal yang perlu di pertimbangkan sebelum anda memilih sekolah / tempat pelatihan barista:

  • Tunggulah tiga bulan di antara setiap level di jalur yang sama.
  • Hindari kursus landasan melompat. tanpa dasar yang baik, anda mungkin harus berjuang dengan poin-poin penting di tingkat menengah / profesional.
  • Jika anda gagal, tidak apa-apa, anda dapat mengulang ujian.
  • Jika tidak ada AST yang menawarkan modul yang Anda inginkan di negara Anda, hubungi AST mana pun di negara Anda dan minta mereka untuk menemukan seseorang yang dapat menjalankan kursus untuk Anda. Beberapa AST akan dengan senang hati melakukan perjalanan ke negara lain untuk menjalankan pelatihan

Pendidikan kopi: rasanya seperti ladang ranjau. Dan percayalah bahwa studi Anda tidak pernah berakhir! Tetapi pendidikan formal, akan membantu anda belajar dengan cara yang terstruktur. anda akan mendapatkan wawasan, semangat, dan keterampilan praktis yang berharga.

Dari setiap Paket Kemitraan Coffeeland Indonesia, telah termasuk Pelatihan Barista yang meliputi Sejarah Kopi, Pengetahuan Tentang Kopi, Hospitality, Kebaristaan, Pengenalan Alat-alat, Cara Mengoprasikan dan Perawatan Equipment, dan juga Pelatihan Pembuatan Menu.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 2.

Leave a Reply