10 FAKTA MENARIK TENTANG KOPI

 

Kopi adalah minuman favorit masyarakat dunia. Namun sayang, banyak fakta kopi yang belum diketahui oleh banyak orang. Segala seluk beluk tentang kopi, belum banyak yang mengerti. Soal khasiat dan bahaya kopi pun masih serba simpang siur.  Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan 8 fakta kopi yang mungkin belum Anda ketahui. Yuk simak pembahasannya!

Kafein kopi drip lebih tinggi dari espresso
Banyak pencinta kopi mengira kandungan kafein pada espresso lebih tinggi dibanding jenis kopi lainnya. Faktanya, kafein pada kopi drip atau drip coffee mengalahkan espresso.

Dalam 1 shot (30 ml) espresso mengandung sekitar 100 mg kafein, sedangkan 1 cangkir (200 ml) drip coffee memiliki 128 mg kafein. Drip coffee merupakan teknik menyeduh kopi giling dengan kertas filter. Biasanya dikemas dalam bentuk drip bag coffee untuk konsumsi perorangan.

Kopi light roast lebih tinggi kafeinnya dibanding dark roast
Dalam tahap pemanggangan biji kopi bisa menghasilkan kopi light roast, medium roast, dan dark roast. Masing-masing kopi yang dihasilkan memiliki ciri khas aroma dan rasa sendiri. Pun untuk kandungan kafeinnya. Ternyata kopi light roast mengandung lebih banyak kafein ketimbang kopi dark roast. Hal ini lantaran proses pemanggangan yang lebih sebentar meski rasanya tidak sepahit kopi dark roast.

Sudah dinikmati sejak abad ke-9

Mengutip dari Good Houskeeping, sebuah cerita legenda mengatakan bahwa kopi sudah dinikmati sejak abad ke-9.  Ketika itu gembala kambing menemukan bahwa setelah ternaknya memakan biji kopi, ternak-ternak tersebut seakan menari alias bersemangat. Para peternak pun kemudian mencoba sendiri meramu biji kopi menjadi minuman yang membuat mereka terjaga sepanjang malam.

Kafein bisa meredakan sakit

Sebuah studi menyatakan bahwa dua cangkir kopi bisa efektif meredakan nyeri otot setelah berolahraga. Namun penelitian ini diterapkan pada mereka yang memang jarang mengonsumsi kopi. Sedangkan penelitian tahun 2012 mengatakan bahwa seseorang yang menyesap kopi sebelum bekerja di depan komputer sepanjang hari, memiliki risiko kecil terdera nyeri leher dan pundak.

Kopi decaf tetap mengandung kafein

Kopi decaf tetap mengandung kafein meski dalam takaran kecil. Ketika Anda mengonsumsi 10 cangkir kopi decaf, Anda mendapatkan jumlah kafein seperti ketika mengonsumsi secangkir kopi biasa.

Biji kopi bisa menyehatkan kulit

Simpan ampas dari seduhan kopi tubruk Anda untuk menyehatkan kulit. Ampas kopi bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari tangan, kaki dan seluruh tubuh Anda dan membuat kulit nampak lebih bersih dan cerah

Secangkir kopi hitam hanya mengandung 2 kalori

Jika Anda hanya menyeduh kopi hitam tanpa gula, krim dan susu, Anda hanya akan mendapatkan 1 kalori saja. Namun ketika Anda menambahkan pemanis dan susu, jumlah kalori akan langsung melesat berkali-kali lipat.

Peminum kopi dikatakan akan hidup lebih lama

Ilmuwan menyatakan bahwa pecinta kopi yang menyesap dua hingga tiga cangkir per hari memiliki kesempatan hidup lebih lama dibanding dengan mereka yang jarang menyesap kopi. Hal ini berkaitan dengan khasiat dari kafein, yang bisa menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, diabetes tipe 2 juga parkinson.

Brazil adalah pemasok kopi terbesar di dunia

Menurut International Coffee Organization, Brazil masih menjadi pemasok kopi dunia terbesar. Kopi dari Brazil terbang ke seluruh penjuru dunia termasuk Amerika. Mengingat di Amerika hanya ada dua wilayah saja yang mampu memproduksi kopi.

Ada mobil yang berbahan bakar kopi

Mengutip dari laman Eatthis, di tahun 1988 ada jenis mobil VW Scirocco yang berbahan bakar ampas kopi. Mobil dengan sebutan Car-ppucino itu membutuhkan sekitar 56 cangkir espresso untuk bisa berjalan sejauh 1,6 kilometer. Fakta di atas adalah sebagian kecil fakta unik dari kopi. Selain membangkitkan semangat, kopi memang memiliki sejarah dan cerita panjang.

Untuk pembelian produk kopi berkualitas, Coffeeland Indonesia menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 120 gr, 250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

Source: kompas.com, food.detik.com