KOPI SPECIALTY VS KOPI KOMERSIAL


Bagi anda yang mulai tertarik dengan dunia kopi, anda tentu pernah mendengar beberapa istilah-istilah kopi seperti single origin, specialty coffee dan juga commercial coffee. Dan mungkin beberapa diantara anda juga pernah bingung untuk memilih specialty coffee (kopi specialty) atau commercial coffee (kopi komersial).

Kopi dapat didefinisikan secara luas sebagai kelas specialty atau komersial. Dari sudut pandang konsumen, perbedaan yang paling nyata antara kopi komersial dan kopi specialty adalah kemasan: Kopi komersial hadir dalam kemasan instan dan siap untuk diseduh, sedangkan kopi specialty banyak kita dapati masih dalam bentuk roasted bean di dalam kemasannya agar dapat digiling sesaat sebelum di seduh.

Specialty coffee atau yang lebih kita kenal sebagai kopi specialty adalah kopi dengan kualitas baik. Kualitas ini dinilai bukan berdasarkan komentar penggemar kopi, tetapi dinilai oleh seorang Q Grader bersertifikat. Kopi ini diproses secara khusus dengan ketentuan khusus juga, mulai dari proses awal kopi ditanam sampai disajikan dalam cangkir.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada dua jenis kopi utama, yakni arabika dan robusta. Kopi robusta lebih banyak digunakan dalam kopi komersial, karena harga kopi robusta cenderung jauh lebih murah di bandingkan dengan biji kopi arabika. Kopi Robusta memiliki rasa yang pahit atau tajam dengan karakter rasa seperti kayu dan karet dan meninggalkan rasa kacang di akhir. Rasa pahit pada kopi robusta berasal dari kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi arabika.

Kopi arabika adalah spesies yang paling disukai untuk Specialty Coffee Roasters. Hal ini terjadi karena lebih mudah menemukan biji berkualitas tinggi pada biji kopi arabika. Disisi lain, kopi arabika memiliki karakter rasa buah dan bunga karena konsentrasi lipid dan memiliki gula yang lebih tinggi dengan kandungan kafein 1,5%.

Kopi Specialty, memerlukan proses rutin saat panen yaitu dengan memetik buah ceri kopi pada saat puncak kematangan dari pepohonan kopi yang teduh. Pada hari yang sama, semua ceri kopi yang sudah di petik menjalani proses pembersihan dan proses penyortiran biji kopi. Proses ini sangat penting untuk menciptakan cita rasa yang diinginkan. Sedangkan kopi komersial sebagian besar dipanen dengan menggunakan mesin tanpa melalui proses sorting.

Kopi Specialty memberikan banyak informasi tentang asal dan kualitasnya. Anda dapat dengan mudah menelusuri varietas kopi, periode panen, negara dan wilayah asal, altitude, metode pengolahan (natural, semi wash, ataupun full wash), tanggal roasting, tingkatan roasting (light, medium, atau dark), cupping dan catatan sensorik. Selain itu, kemasan specialty coffee juga menggunakan kemasan berkualitas tinggi yang dapat menjaga kualitas biji kopi dari udara, kelembaban, dan cahaya.

Perbedaan Kopi Specialty dan Kopi Komersial:

 

Setelah mengetahui perbedaannya, semoga anda tidak ragu untuk mengkonsumsi Kopi Specialty dari Coffeeland Indonesia. Buatlah pengalaman baru bagi anda yang belum pernah mencoba menyeduh kopi di rumah anda sendiri atau sering disebut dengan istilah manual brewing” dengan biji kopi yang segar. Anda akan merasakan kelezatan dan aroma dari secangkir kopi yang anda buat.

Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin dari beberapa daerah Indonesia untuk anda coba, agar anda bisa menemukan karakter rasa kopi apa yang cocok untuk memanjakan lidah anda.

Adapun Kopi Arabica Specialty Singgle Orgin yang tersedia di Coffeeland yaitu : Kopi Arabica Aceh Gayo Specialty, Kopi Arabica Toraja Specialty, Kopi Arabica Flores SpecialtyKopi Arabica Bali SpecialtyKopi Arabica Java Specialty, Kopi Arabica Malabar Specialty, Kopi Arabica Mandheling Specialty, dan Kopi Arabica Wamena Specialty.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

  

 

Source: lacrema.no