ALASAN PERUT MULAS SETELAH MINUM KOPI

Bagi banyak orang, kopi merupakan senjata andalan untuk melawan kantuk. Berkat kafein yang terkandung di dalamnya, kopi membuat mata kita menjadi lebih segar ketika menghadapi rasa kantuk yang luar biasa. Namun, di samping rasanya yang nikmat, ternyata ada efek lain dari minum kopi yang dapat di alami oleh sebagian orang, yaitu perut mulas.

Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.

Sebenarnya ada beberapa studi yang sudah pernah dilakukan untuk memahami efek kopi terhadap perut kita, namun para peneliti masih belum bisa menentukan secara pasti apa yang membuat kopi membuat perut menjadi mulas.

Sakit perut setelah minum kopi, dapat dipicu karena:

  1. Meminum kopi saat perut kosong

kopi bisa merangsang produksi asam lambung akibat kandungan asam klorogenatnya. Asam lambung (asam klorida) adalah cairan bersifat korosif kuat yang jika dibiarkan terus menggenang dalam jumlah banyak tanpa ada makanan apapun untuk dihancurkannya dapat mengikis lapisan dinding lambung. Ini dapat menyebabkan perut mulas dan berakhir pada gastritis (maag).

Gastritis karena minum kopi saat perut kosong sering menyebabkan sakit perut, cegukan, hingga mual dan muntah.

  1. Penambahan susu pada kopi

Bagi orang-orang yang tidak kuat dengan pahitnya kopi hitam, mereka sering menambahkannya dengan susu atau krimer. Susu bisa membuat Anda rentan sakit perut setelah minum kopi, terutama apabila anda memiliki intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap laktosa yang ada di dalam susu. Gejalanya bisa termasuk sakit perut, mulas, perut kembung, dan diare.

Jika demikian, anda memiliki pilihan alternatif susu berbasis nabati seperti susu kedelai atau almond.

3 Kopi membuat kerja usus menjadi lebih cepat

Kafein serta zat-zat kimia lainnya dalam kopi bersifat sebagai stimulan yang bisa merangsang kerja usus jadi lebih cepat. Ini adalah reaksi normal dan lumrah terjadi, tapi pada beberapa orang yang sensitif, pergerakan usus yang lebih cepat bisa membuat perut mulas atau kram. Terlebih apabila orang tersebut rentan terhadap masalah pencernaan seperti maag atau refluks asam lambung.

Solusi terbaiknya adalah dengan tidak minum kopi saat perut kosong, terlebih jika anda adalah tipe orang yang rentan kena maag atau asam lambung naik. Baiknya, minum kopi setelah perut sedikit terisi makanan ringan.

Jika anda masih merasakan sakit perut setelah minum kopi, atau bahkan tambah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk cari tahu penyebab dan cara mengobatinya yang tepat.

Source: 1, 2.

Leave a Reply