ALASAN MENGAPA HARGA KOPI ARABIKA WAMENA PAPUA MAHAL

Diantara beragam kopi nusantara, harga Kopi Arabika Wamena Papua tergolong cukup mahal. Karenanya, tidak semua coffee shop / kedai kopi menyediakan kopi yang berasal dari wilayah tersebut. Padahal, cita rasa kopinya sangatlah nikmat.

Ada beberapa faktor yang membuat kopi Arabica Wamena Papua ini menjadi cukup mahal, salah satunya adalah letak geografis perkebunannya.

Pegunungan tengah Papua terbentang hampir sepanjang pulau. Dataran tinggi ini membujur sepanjang 600 kilometer, dari barat Danau Paniai hingga perbatasan dengan Papua Nugini. Wilayah yang luas ini memiliki beberapa lembah yang penting, sebagai lokasi masyarakat Papua pegunungan bermukim dan berkebun.

Masyarakat pegunungan Papua sangat andal dalam bercocok tanam di lereng bukit yang terjal. Populasi terpadat daerah Paniai yang dihuni Suku Mee dan Lambah Baliem kampung halaman Suku Dani. Mereka bercocok tanam di lahan subur pada ketinggian 1.400 – 2.700 mdpl di lembah-lembah dan di kaki-kaki pegunungan tengah.

Di wilayah itu tanaman kopi arabika tumbuh secara alami tanpa pupuk pabrik, herbisida, atau pestisida yang diberikan oleh petani. Alam pegunungan tengah Papua memberikan kondisi yang memungkinkan kopi arabika tumbuh subur. Walaupun tanaman kopi di daerah tesebut dapat tumbuh dengan subur, tingkat panennya ternyata tidak setinggi dengan daerah lain di Indonesia. Dan ini yang menyebabkan stock dari kopi Arabika Wamena Papua ini terbatas.

Kopi arabika yang tumbuh di pegunungan tengah Papua, masing-masing wilayah memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda, hal ini karena dipengaruhi oleh ketinggian tempat, intensitas matahari, kandungan mineral dalam tanah dan kelembaban tanah.

Kopi arabika Wamena, Lembah Baliem, beraroma honey like chocolaty caramel fruity dengan after taste yang sangat manis dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Faktor lain yang menyebabkan kopi Arabika Wamena Papua ini mahal adalah kopi terebut dihasilkan di wilayah yang terpencil. Alat transportasi untuk mengirim hasil panen kopi terbilang mahal karena menggunakan helikopter. 

Walapun harga kopi Arabika Wamena Papua tergolong cukup mahal, harganya sebanding dengan cita rasa dan aroma kopi yang nikmat. Bisa diseduh degan menggunakan metode pour over ataupun tubruk. Tidak percaya? Yuk pesan segera!

Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App

 

  

Source: travel.tempo.co

Leave a Reply