PERALATAN YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK MEMULAI BISNIS COFFEE SHOP

 

Memiliki coffee shop sendiri tentunya merupakan impian bagi sebagian orang. Banyak wirausahawan merajut sukses dalam hidupnya dengan bermula dari bisnis f&b seperti coffee shop atau restoran.

Dengan perkembangan masyarakat modern serta pergeseran kebiasaan anak-anak muda yang saat ini lebih suka nongkrong sambil ngopi, tentunya merupakan peluang bagus untuk memulai bisnis coffee shop.

Ketika berencana untuk membuka coffee shop baru, menyediakan peralatan dapur dan coffee bar jelas menjadi tugas nomor satu yang wajib untuk diprioritaskan. Hal ini sangat penting karena pengadaan peralatan sangat mempengaruhi kualitas makanan dan minuman yang akan Anda tawarkan ke pelanggan. Bila Anda masih bingung tentang peralatan apa saja yang perlu disiapkan untuk membuka coffee shop, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas tuntas mengenai jenis peralatan yang wajib dimiliki sebuah coffee shop. Berikut adalah peralatan coffee shop yang dibutuhkan:

  • Mesin Espresso
Source: espresso-kessler.de

Mesin espresso wajib ada jika Anda akan membuka bisnis coffee shop. Alat ini sering digunakan oleh para barista untuk membuat espresso. Terdapat beberapa jenis mesin espresso yang bisa digunakan, yaitu mesin espresso semi-automatic, mesin espresso manual, dan mesin espresso fully automatic.

  • Coffee Grinder

Kesempurnaan cita rasa kopi biasanya lahir dari ukuran gilingan biji kopi (grind size) yang tepat. Coffee grinder adalah alat yang paling esensial dalam menghasilkan hasil gilingan kopi yang sempurna, dan pastinya dibutuhkan pada coffee shop. Coffee grinder adalah alat paling utama yang harus Anda miliki jika akan membuka coffee shop.

  • Barista Pack

Perlengkapan barista seperti tamper, tamper mat, jug milk, shaker, jigger, thermometer, timer, dan timbangan digital adalah hal yang wajib Anda miliki. Karena dengan alat tersebut akan memudahkan barista untuk membuat menu-menu yang berkualitas.

  • Alat Manual Brewing

Coffee shop memiliki banyak peralatan yang semestinya dapat membantu membuat seduhan kopi yang nikmat, seperti alat manual brewing. Alat manual brewing ini ini banyak dipilih karena harganya lebih terjangkau serta penggunaan dan pemeliharaannya juga lebih mudah.

  • Kulkas / Chiller

Fungsi dari kulkas / chiller ini adalah untuk menyimpan stok bahan baku yang akan dijual. Bahan-bahan yang digunakan akan lebih awet dan terjaga kebersihannya.

  • Peralatan Untuk Menyimpan Bahan Baku Kering

Fungsi dari wadah penyimpananan bahan baku kering ini adalah untuk menyimpan stok bahan baku kering akan dijual seperti kopi, powder minuman, dan gula. Anda dapat membeli toples kedap udara berbahan kaca sebagai tempat penyimpanan biji kopi agar kualitas kesegarannya terjaga.

  • Peralatan Untuk Memasak

Peralatan seperti kompor, toaster, microwave, blender, panci stockpot, dan penggorengan dibutuhkan jika Anda berencana untuk membuka coffee shop yang menyajikan menu makanan.

  • Alat Pembayaran dan Kasir

Hal utama dalam membuka suatu bisnis adalah adanya mesin kasir atau alat pembayaran. Gunakan mesin kasir yang sesuai dengan jenis bisnis Anda, juga pastikan mesin kasir tersebut mudah digunakan dan bisa melayani berbagai metode pembayaran.

Demikin adalah beberapa peralatan yang wajib Anda miliki untuk membuka usaha coffee shop. Dengan peralatan – peralatan tersebut diatas, tentunya akan mendukung operasional coffee shop yang akan Anda bangun serta membantu memperlancar bisnis Anda dalam melayani konsumen.

Sejalan dengan terus meningkatnya kepopuleran coffee shop di masyarakat, inilah saat yang tepat untuk memulai usaha coffee shop. Tidak perlu ragu memulainya, karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 81 juta hingga 128,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App >> Klik >>

 

  

 

 

 

 

 

 

Source: gobiz.co.id