MENGENAL “AFFOGATO” HIDANGAN PENUTUP KHAS ITALIA | APA ITU AFFOGATO?

Affogato merupakan sajian penutup khas italia, campuran antara gelato dan espresso yang disajikan dalam cangkir atau mangkuk kecil, Affogato dalam bahasa italia “Ahfogatoe” yang berarti tenggelam. Maksud dari penamaan ini adalah menggambarkan tenggelamnya satu scoop gelato di dalam segelas espresso. Sedangkan dalam bahasa inggris “sundae” yang artinya mengambang.

Mulanya dalam membuat Affogato, es krim yang digunakan bukan sembarangan. Melainkan es krim khas Italia bernama gelato. Perbedaan gelato di banding es krim pada umumnya terletak pada kandungan lemaknya. Dalam membuat es krim biasa, setidaknya diperlukan 14-17% lemak. Sedangkan gelato kandungan lemaknya hanya sekitar 8%. Meskipun begitu tidak ada keharusan selalu menggunakan gelato dalam membuat Affogato.

Anda dapat menggunakan es krim lainnya, seperti es krim vanilla. Banyak kedai kopi menggunakan es krim vanilla untuk sajian Affogato mereka. Takarannya pun sama dengan gelato. Beberapa kedai kopi di seluruh dunia memodifikasi penamaan Affogato ini. Seperti di Inggris Affogato lebih dikenal sebagai Black Forest Affogato. Sedangkan di Negara asal Affogato nya sendiri, Italia yang disebut Affogato All’amanera.

Dalam menikmati Affogato, tidak ada ketentuan pasti tentang bagaimana cara menikmati affogato ini. Beberapa orang suka melumerkan es krimnya dengan espresso sehingga bisa langsung diminum. Namun, ada pula yang lebih suka menyantapnya dengan menggunakan sendok kecil selayaknya menikmati gelato.

Dalam membuat sajian Affogato pun, tidak perlu keahlian khusus. Bagi pemula sekali pun dapat membuat secangkir Affogato yang lezat di rumah. Jika anda bosan dengan es krim vanilla atau gelato untuk sajian Affogato, anda dapat menggantinya dengan es krim rasa cokelat. Anda pun bisa menambahkan topping seperti krim, kelapa, apricot atau berry. Jika anda bosan menggunakan espresso, cobalah mengganti espresso dengan minuman dingin, kopi es karamel, moka, atau bahkan teh matcha. Dengan begitu anda dapat membuat Affogato yang berbeda dari biasanya, yang tentunya sesuai selera yang anda inginkan.

Ingin tahu resep cara membuat Affogato, baca artikel Affogato Vanilla Espresso

Demikian penjelasan singkat dari Coffeeland Indonesia mengenai apa itu Affogato. Setelah membaca artikel ini, Apakah anda tertarik untuk membuatnya? jika iya, Selamat mencoba!

  

source: spoonuniversity.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783