TIPS KOPI: 4 CARA MENIKMATI KOPI HITAM BAGI PEMULA

Di zaman modern seperti sekarang ini, kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari baik kaum muda ataupun dewasa. Namun, sayangnya tak semua orang mampu menikmati kopi. Mereka tak menyukai kopi karena rasa kopi yang tak enak dan pahit. Kopi hitam tak melulu harus hitam pekat dan pahit luar biasa. Kini dengan merambahnya dunia manual brew, kopi hitam tak lagi diseduh sederhana menuangkan air panas mendidih ke dalam bubuk kopi di dalam cangkir.

Kopi hitam kini menjadi ritual yang istimewa. Tak hanya dalam rasa, tapi juga proses menyeduhnya. Meski begitu, masih banyak dari kita yang tak mampu menikmati kopi hitam tanpa embel-embel gula, susu dan krim. Padahal diketahui bahwa kopi hitam adalah kopi paling sehat, alami, klasik dan sederhana. Kopi hitam berarti kopi tanpa ‘dicemari’ zat lain dalam satu tegukan. Untuk anda yang ingin mencoba menikmati kopi hitam, berikut empat cara sederhana untuk memulai menikmati “si hitam” yang nikmat ini.

Cobalah light to medium roast beans

Jika anda pernah meneguk kopi hitam dan langsung trauma dengan rasanya, mungkin anda perlu mencoba kopi yang disangrai light to medium. Rasa kopi yang terlalu pahit dan warnanya terlalu hitam disebabkan oleh biji kopi dari kopi tersebut disangrai terlalu dark hingga menyebabkan rasanya sungguh pahit.
Tak ada karakteristik rasa kopi yang mampu anda nikmati jika biji yang disangrai too dark tersebut sudah terlanjur dirusak. Cobalah nikmati kopi yang biji kopinya disangrai light to medium. Single origin yang di-roasting baik akan memberikan aneka flavor yang mengagumkan. Anda bisa saja menemukan sweetness, fruity, flower, acidity dan ragam macam lain dalam kopi yang anda teguk. Justru bisa saja dalam kopi hitam itu anda tak menemukan rasa pahit sama sekali

Jangan minum kopi dengan suhu terlalu panas

Kopi memberikan cita rasa lebih baik dinikmati saat suhunya turun. Jika anda menikmati kopi saat suhunya masih terlalu tinggi (panas), maka rasa yang didapatkan tidak akan sesuai dengan harapan. Sebaiknya anda menunggu 3 – 4 menit setelah kopi diseduh atau disajikan lalu dinikmat dengan perlahan.
Suhu terbaik dalam menikmati kopi menurut para kopi profesional adalah 60 derajat celcius. Selain itu, kopi hitam sebaiknya tidak diseduh dengan air yang suhunya lebih dari 88 derajat celcius. Karena semakin panas air yang digunakan maka rasanya akan semakin pahit karena kafein lebur lebih cepat melalui suhu yang tinggi.

Minumlah kopi dalam dosis kecil

Jika selama ini anda menikmati kopi dengan gula atau kopi dengan susu dengan cangkir ukuran besar, maka anda tidak bisa melakukan hal yang sama dalam menikmati kopi hitam. Kopi hitam untuk pemula sebaiknya dinikmati dengan cangkir kecil karena pemula belum terbiasa dengan rasanya. Lagi pula, kopi hitam bukan bertujuan untuk melepas dahaga. Jadi anda tak perlu cangkir ukuran jumbo dalam menikmatinya, bukan?

Cobalah berbagai varietas kopi lain

Anda tidak akan tahu kopi seperti apa yang anda suka jika anda tak mencoba aneka varietas kopi yang ada. Cobalah berbagai biji kopi berbeda dengan cara seduh yang berbeda pula. Kopi akan sangat kaya rasa jika anda mampu menikmatinya dari berbagai jenis varietas biji dan beragam roaster yang ada. Satu biji kopi bisa saja berbeda after taste dan karakteristiknya. Coba sebanyak-banyaknya dan temukan kopi apa yang menjadi favoritmu.

Mencari single origin untuk kebutuhan ngopimu? Coffeeland Indonesia menyediakan berbagai varian kopi nusantara seperti Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi dan pembelian dapat menghubungi team marketing kami.

  

Source: halamansatugoogle.blogspot.com

Leave a Reply

WhatsApp chat

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/coffeela/public_html/wp-includes/functions.php on line 3783