COARSE GRIND SIZE: UKURAN GILINGAN UNTUK SEDUHAN FRENCH PRESS

 

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa coffee grind size juga dapat mempengaruhi seduhan kopi. Ukuran kopi yang digiling berpengaruh pada saat proses ekstraksi atau pada saat kopi bertemu dengan air untuk mengeluarkan karakter rasa kopi yang diinginkan.

Menariknya, masing-masing metode seduhan kopi memiliki grind sizenya masing-masing. Maka, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu ukuran gilingan biji kopi yaitu coars grind size.

Ukuran coarse grind / gilingan kasar sama seperti dengan ukuran garam laut. Metode seduh yang cocok menggunakan grind size ini adalah french press. Selain itu coffee cupping / tasting juga menggunakan grind size ini.

Cara seduh Kopi Menggunakan French Press:

  • Panaskan 375 ml air hingga mencapai suhu kurang lebih 95 C
  • Siapkan 25 gram biji kopi yang sudah digiling kasar.
  • Letakkan French Press yang sudah dibilas dengan air panas keatas timbangan kopi, kemudian masukkan bubuk kopi yang sudah digiling tadi ke dalam French Press.
  • Siram dengan air panas sebanyak 75 ml, diamkan sejenak (kopi sedang mengalami masa blooming, kurang lebih 30 detik). Setelah 30 detik, tambahkan 300 ml air panas kemudian aduk dan diamkan sekitar 4 menit. Setelah didiamkan selama 4 menit, tekan plunger secara perlahan sampai ke ujung.
  • Kopi pun sudah siap untuk dinikmati.

MAU BIKIN SEDUHAN SINGLE ORIGIN NUSANTARA DIRUMAH?

Coffeeland Indonesia tempatnya! Kami menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling,dan Arabika Toraja Specialty. Teredia dalam kemasa250 gr dan 1 Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami melaluinomor What’s App 087825958155 atau melaui E-commerce kami.

 

 

 

 

 

 

 

Source: kopitem.com