MANFAAT COLD BREW COFEE UNTUK KESEHATAN

 

Source: i.pinimg.com

Membahas kopi memang tidak akan ada habisnya, karena ada banyak sekali pecinta kopi mulai dari kalangan remaja, orang dewasa, dan juga orang tua. Hal ini dapat dilihat dari maraknya coffee shop dan banyaknya variasi hidangan kopi, salah satunya adalah cold brew coffee. 

Cold brew coffee merupakan sebutan untuk sebuah teknik penyeduhan dari bubuk kopi hitam dengan menggunakan air yang dingin dalam kurun waktu 12 hingga 24 jam. Dari proses penyeduhan yang berbeda ini menghasilkan beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari konsumsi cold brew coffee. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi cold brew coffee.

Meningkatkan Mood agar lebih positif

Kafein yang muncul pada kopi cold brew memiliki kemampuan tak hanya untuk menjaga fokus namun juga meningkatkan mood terutama ketika Anda kurang tidur. Penelitian yang dilakukan terhadap 370 ribu orang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tingkat depresi lebih rendah.

Meningkatkan Metabolisme

Kandungan kafein dalam cold brew atau minuman kopi lainnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh ketika istirahat. Dengan begitu, berat badan bisa lebih terjaga.

Semakin tinggi metabolisme pada tubuh seseorang, semakin banyak juga kalori yang terbakar ketika seseorang beristirahat. Kopi diketahui dapat meningkatkan metabolisme seseorang hingga 11 persen.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Segelas kopi cold brew mengandung senyawa yang dapat melawan kondisi yang mempengaruhi jantung, termasuk stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri koroner lainnya. Lebih lanjut, senyawa yang ditemukan pada cold brew coffee dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menstabilkan gula darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Alzheimer dan parkinson, keduanya disebabkan karena kondisi neurodegeneratif. Hal ini disebabkan karena matinya sel otak yang terjadi seiring waktu.

Kedua penyakit ini dapat berujung pada menurunnya kesehatan mental dan demensia. Dengan mengonsumsi cold brew coffee, dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini secara lebih efektif.

Lebih ramah untuk lambung

Selama ini, banyak orang yang takut mengonsumsi kopi karena khawatir kadar asam lambunnya naik. Selain itu, kandungan asam yang tinggi dalam kopi juga dianggap sebagai penyebab gangguan pencernaan dan heartburn (rasa terbakar di dada dan perut atas).

Berbeda dari kopi seduhan panas, cold brew coffee lebih bersahabat bagi orang yang memiliki ganguan pencernaan dan asam lambung. Cold brew coffe memiliki kadar keasaman sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kopi yang diseduh dengan air panas. Hal itu disebabkan kandungan senyawa polisakarida. Karbohidrat atau rantai molekul gula dalam cold brew coffee ini dapat meningkatkan daya tahan sistem pencernaan, sehinggga bisa mengurangi efek asam yang tak nyaman.

Namun perlu diingat, manfaat dari cold brew coffee bisa Anda dapatkan secara maksimal jika Anda mengkonsumsinya secara benar dan tidak berlebihan. Kopi cold brew sangat mudah untuk ditemui, apalagi di coffee shop atau kedai kopi.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat cold brew coffee dirumah, Coffeeland Indonesia menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia seperti  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Tersedia dalam kemasan 120 gr, 250 gr, dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

 

  

 

 

Source: merdeka.com

Featured Image: i.pinimg.com