ANDA ALERGI KAFEIN? KENALI TANDA GEJALANYA!

Anda suka minum kopi? bagi sebagian orang kopi menjadi minuman yang nikmat dan memberi banyak manfaat . Namun ada beberapa orang yang ternyata alergi dengan kopi sejak lahir. Mengapa seseorang dapat mengalami alergi dengan kopi?

Kafein tidak bisa lepas dari kopi. kafein adalah zat stimulan yang banyak memberikan semangat yang mendukung produktivitas banyak orang. Namun, beberapa orang ternyata ditakdirkan tidak berjodoh dengan kafein. Alih-alih mendapatkan manfaat dari kafein, mereka malah

mendapatkan reaksi yang tidak menyenangkan saat mengonsumsi kopi.

Pada orang yang memiliki alergi kafein, tubuhnya menganggap asupan kafein sebagai suatu bahaya dengan memproduksi antibodi yang disebut immunoglobin E. Antibodi ini kemudian memicu setiap sel tubuh untuk melawan balik kafein yang “menyerang” tubuh. “Pertempuran sengit” ini akhirnya mengakibatkan reaksi peradangan pada tubuh seperti kulit gatal-gatal, ruam, dan bengkak.

Meskipun alergi terhadap kafein ini termasuk kasus yang jarang terjadi, namun anda dapat mengetahui apa saja ciri-ciri yang bisa ditimbulkan orang yang alergi terhadap kafein.Gejala alergi kafein ini bisa muncul dalam waktu satu jam setelah mengonsumsi kafein. Gejala tersebut meliputi:

  • Kulit mengalami ruam dan benjolan merah yang terasa gatal
  • Pembengkakan di bibir dan lidah
  • Mulut, bibir, dan lidah terasa gatal
  • Keram perut
  • Diare

Jika sehabis menikmati kopi anda merasakan hal ini kerap terjadi secara terus-menerus mungkin saja anda alergi terhadap kafein. Untuk lebih baiknya lebih baik dikonsultasikan ke dokter.

Selain gejala yang umum di atas, ada juga gejala anafilaksis yaitu reaksi alergi yang cukup berat dan bisa mengancam jiwa penderitanya. Adapun beberapa reaksinya antara lain:

  • Bengkak wajah yang parah termasuk mata,bibir, wajah, dan lidah.
  • Kesulitan bernapas
  • Kesulitan bicara
  • Suara mengi (napas bunyi “ngik-ngik” karena penyempitan saluran napas)
  • Batuk
  • Sakit perut, mual, muntah
  • Peningkatan detak jantung
  • Pusing atau pingsan

Jika hal ini terjadi padamu sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis karena beresiko fatal.

Seseorang yang memiliki alergi terhadap kafein, wajib menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, diantaranya; kopi, cokelat, teh, dan lainnya. Sesekali anda boleh mengkonsumsi yang berkafein dengan catatan mengkonsumsi secukupnya. Selain itu seseorang yang alergi kafein harus sering minum air putih, olahraga teratur, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, agar tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

Ingat, kondisi tubuh seseorang berbeda-beda. Penerimaan seseorang terhadap kafein berbeda kondisinya dengan orang lainnya. Jadi kenali tubuhmu saat menikmati kopi agar senantiasa sehat setiap hari.

Terkait kopi single origin, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

 

  

 

Source: hellosehat.com

 

 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp chat