ARABIKA WAMENA | MENGENAL KOPI DAERAH UJUNG TIMUR INDONESIA

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, terbukti dengan banyaknya komoditas kopi diberbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya kopi Arabika Wamena dari Papua. Papua tidak hanya dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah dan destinasi wisata yang menarik, kopi juga menjadi komoditas unggulan dari Papua. Ada tiga daerah utama penghasil kopi di Papua, Nabire, Timika, dan Wamena. Di antara ketiga wilayah ini, Wamena merupakan yang paling terkenal di kalangan para pecinta kopi.

Mengenal kopi Arabika Wamena

Berasal dari tanah Papua tepatnya di daerah Wamena, Kopi Arabika Wamena merupakan varietas dari India. Dikembangkan dengan teknik Kultivar Bourbon, kopi ini sering disandingkan dengan salah satu kopi ternikmat di dunia, Jamaika Blue Mountain. Banyaknya pegunungan dan dataran yang tinggi merupakan faktor yang sangat mendukung pelestarian jenis ini. Meski dinamai Papua Wamena, sebenarnya kota tersebut hanya tempat penampungan dan pengemasan green beans yang akan dikirim untuk dijual. Perkebunan kopi di Wamena tersembunyi dan tersebar luas di daerah sekitar lembah gunung tertinggi Indonesia, Jayawijaya.

Hal yang unik dari Wamena dibanding daerah penghasil kopi Papua lainnya adalah budidaya yang dilakukan dengan cara organik atau tanpa bahan kimia sama sekali. Bahkan, perkebunan di daerah Baliem sama sekali tidak menggunakan pestisida. Oleh karena itu, ketersediaan stoknya terbatas karena panen yang tidak terlalu tinggi. Ditambah lagi, akses dan pengiriman barangnya pun tidak mudah. Yang menyebabkan harga kopi Arabika Wamena lebih mahal dibanding kopi Arabika lainnya.

karakteristik Kopi Arabika Wamena

Kopi dari Wamena memiliki cita rasa yang lembut dan balance. Selain itu, aromanya sangat kuat dan memiliki nuansa floral. Karakter aroma yang jarang dimiliki oleh kopi-kopi Indonesia dari daerah lainnya dan memiliki tekstur yang sangat halus, aroma biji kopi Arabika Wamena terasa wangi. Memiliki kadar asam dan kafein yang rendah, kopi ini memiliki rasa manis yang organik. Jadi, jangan kaget kalau kopi Arabika Wamena menjadi salah satu varian termahal di kelasnya.

Kini Papua Wamena sudah bisa Anda temukan dengan mudah di coffee shop atau penjual online. Tidak hanya single origin tapi juga dalam bentuk blend. Aromanya yang khas memang kerap membuat banyak barista tertarik menggunakannya untuk campuran houseblend.

Tertarik merasakan harum dan nikmatnya Kopi Wamena saat dipadu oleh biji-biji kopi lainnya? Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty,Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian produk silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App

 

  

Source: sesamecoffee.com

 

Leave a Reply

WhatsApp chat