BOLEHKAH KOPI SISA DIKONSUMSI KEMBALI?

Berapa cangkir kopi yang anda konsumsi setiap harinya? Rata-rata orang disarankan untuk mengonsumsi 3-6 gelas per hari, ini pun tergantung kondisi kesehatan tubuh masing-masing. Tak semua orang kuat minum hingga enam cangkir, terkadang satu cangkir saja tak habis.

Anda termasuk salah satu orang yang kerap menyisakan kopi, dan meminumnya kembali beberapa jam kemudian? Sebenarnya tak semua jenis kopi baik untuk dikonsumsi lagi setelah didiamkan lama, lho.

BERAPA LAMA BATASAN WAKTU MENGKONSUMSI KEMBALI KOPI SISA?

Tak semua jenis sajian kopi baik diminum kembali usai didiamkan lama, misalnya saja kopi susu. Kopi susu tidak baik disimpan di suhu yang hangat juga tidak baik jika terlalu lama disimpan, karena ada campuran susu, yang dimana kita ketahui bahwa susu tidak boleh didiamkan lama dalam suhu ruang. Susu bertahan di suhu ruang kurang lebih selama 2 jam lamanya. Begitu juga pada susu yang tercampur dalam secangkir es kopi susu favoritmu. sebaiknya kopi susu favoritmu langsung dihabiskan saja yaa,

Lalu, bagaimana dengan kopi hitam? Jika pure kopi hitam yang dikonsumsi, lebih baik dikonsumsi maksimal 6-8 jam saja selebihnya tidak menjamin bahwa kopinya masih bertahan dan layak dikonsumsi. Karena, kopi hitam itu meski sudah disaring, ampas kopi yang tersisa pada seduhan kopi hitam akan membuat rasa kopi semakin pahit.

Kopi baik bubuk maupun sudah diseduh dapat basi juga lho. Semakin lama kopi disimpan, maka akan semakin banyak oksidasi yang terjadi. idealnya menyimpan kopi yang baru dipanggang bertahan selama 2 minggu, untuk kopi yang sudah digiking bertahan kurang lebih selama 1 jam, dan 30 menit untuk yang sudah diseduh. Sebab, terlalu lama menyimpan kopi akan membuatnya berbau tengik, dan tak sedap lagi untuk disesap. Bagaimana dengan anda, punya kebiasaan menyisakan kopi juga tidak? Kalau iya, sebaiknya kini langsung dihabiskan saja, ya.

Ingin mencicipi kekhasan kopi jawa (java)? Coffeeland Indonesia, menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia dengan grade kopi speciality,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty Kemasan mulai 120gr, 250gr dan 1Kg. 

PROMO BUY 2 GET 1!! Setiap pembelian 2 pcs Kopi Single Origin Specialty 250gr akan mendapatkan 1 pcs Kopi Single Origin specialty 120gr .  Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan silahkan hubungi Tim Marketing kami, via Whatsapp.

  

Source: kumparan.com

 

Leave a Reply