CARA MEMILIH GREEN BEAN YANG BAIK

Beberapa dekade yang lalu, kopi dikenal sebagai ‘minuman orang’ tua. Namun, beberapa tahun ini, peminat kopi dari kalangan remaja, mahasiswa maupun para pemuda meningkat. Indikasinya adalah banyaknya produk kopi instan maupun warung kopi yang menjamur. Tersedianya secangkir kopi instan atau dari olahan barista membuat skill memilih biji kopi mentah hilang. Pada masanya, biji kopi mentah dipilih sendiri oleh para penikmat kopi langsung dari pasar.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan apa itu biji kopi mentah, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara memilih biji kopi mentah yang baik. Pengetahuan ini akan sangat membantu terutama jika anda senang traveling dan ingin memilih dan membeli biji kopi mentah di seluruh nusantara sebagai oleh-oleh.

Biji kopi mentah atau green coffee beans adalah biji dari buah kopi masak yang sudah dihilangkan daging buah dan cangkangnya. Biji kopi mentah tersebut telah disortir dan dikeringkan untuk memenuhi standar mutu pasaran. Umumnya buah kopi yang dipanen adalah buah yang merah meranum di pohon. Buah kopi umumnya disebut sebagai cherry. Buah kopi terdiri dari empat komponen utama. Komponen buah kopi tersebut adalah:

  1. Eksokarp : kulit buah yang mengkilat dan licin
  2. Mesokarp : daging buah yang berasa manis dan berair (keduanya disebut pulp).
  3. Endokarp : kulit tanduk/kulit ari kopi.
  4. Biji kopi.
Source

Proses Pengolahan Buah Kopi

Pengolahan kopi dari cherry menjadi green coffee beans siap roasting terdiri dari lima langkah.
Langkah pengolahan kopi tersebut adalah:

  1. Sortasi buah (berries)
  2. Pengeringan
  3. Dehulling
  4. Sortasi biji
  5. Penyimpanan dan distribusi

Buah kopi matang yang diperoleh dari pemanenan dipilih (disortasi) sesuai kriteria berikut:

  1. Kopi yang berwarna merah tanpa cacat
  2. Buah kopi tidak hampa
  3. Tidak terserang serangga penggerek buah
  4. Kopi yang berwarna hijau dan kopi lanang disortir dari buah kopi warna merah

Buah kopi pilihan selanjutnya dikeringkan dengan alat pengering seperti oven dan drying beds atau dengan penjemuran. Tujuannya adalah mereduksi kandungan air dalam biji. Rendahnya kandungan air akan mencegah pertumbuhan mikroorganisme atau serangga penyerang pascapanen kopi.

Setelah buah kopi kering merata, proses selanjutnya adalah melakukan pengupasan biji kopi dari pulp dan kulit tanduknya. Proses ini dilakukan secara tradisional dengan cara ditumbuk. Namun, perkembangan teknologi memungkinkan proses pengulitan secara cepat dan efisien dengan menggunakan mesin. Mesin ini juga sekaligus memisahkan biji kopi dari sampah kulit tanduknya.

Setelah proses diatas, biji kopi kembali disortir berdasarkan kriteria dibawah ini:

  1. Biji kopi disortir berdasarkan cara pengolahan dan jenisnya
  2. Biji kopi dibersihkan dari sisa kulit tanduk dan buah kopi yang belum terkupas
  3. Biji kopi yang pecah atau cacat juga dipisahkan dari biji kopi yang utuh

Biji-biji kopi mentah terpilih selanjutnya dikemas dengan rapi pada kondisi kelembaban yang rendah. Dengan demikian, kadar air pada pengepakan sedikit hingga tidak memicu pertumbuhan mikroorganisme atau serangga perusak pascapanen.
Kandungan Kimia Biji Kopi

Senyawa yang menjadi sorotan dalam kopi adalah antioksidan dari keluarga fenol dan kafein. Selain dua kelompok senyawa tersebut, biji kopi juga mengandung lipid, karbohidrat, dan protein. Kopi juga mengandung beberapa senyawa seperti tannin, tiamin, santin, asam sitrat, asam folat, niasin dan beberapa mineral seperti magnesium, mangan, dan fosfor.

Tips Memilih Biji Kopi Mentah yang Baik

  1. Pilih wilayah yang terletak di pegunungan tinggi. Karena kopi arabika terbaikatau kopi lainnya umumnya berasal dari perkebunan kopi di dataran tinggi. Misalnya kopi Kerinci dan Kopi Ijen.
  2. Pilih penjual kopi di pasar yang sudah terkenal dan terpercaya agar Anda tidak dikibuli dengan kopi mentah berkualitas rendah
  3. Pilihlah biji kopi yang utuh, kering dan tidak berbau apek

Sebagai percobaan, belilah dalam jumlah kecil dan coba rasanya di rumah. Jika Anda menemukan jenis kopi yang tepat dengan selera, baru belilah dalam jumlah yang anda butuhkan

Jika anda tidak yakin dengan mutu dan asal kopi mentah di pasar tradisional, Anda dapat memesan biji kopi mentah pilihan dari berbagai daerah di Indonesia secara online. Anda juga dapat mendatangi coffee shop terdekat untuk mengetahui suplier-suplier biji kopi mentah terpercaya mereka sebagai referensi.

Untuk Pemesanan, Coffeeland menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Kami juga menyadiakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo Specialty, Arabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani Specialty, Arabika Flores Specialty, Arabika Java Specialty, Arabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, Arabika Toraja Specialty, dan Arabika Blue Korintji. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg.

Anda pun bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 75,5 juta hingga 123,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1,2, 3.

Leave a Reply