CARA MENENTUKAN HARGA MENU UNTUK COFFEE SHOP

Menentukan harga jual menu merupakan salah satu hal penting di balik kesuksesan bisnis coffee shop anda karena hasil penjualan restoran adalah satu-satunya sumber keuntungan untuk coffee shop anda. Harga jual menu akan memberi pengaruh langsung pada berapa banyak uang yang akan anda miliki untuk membiayai seluruh kebutuhan coffee shop, seperti biaya utilitas, gaji pegawai, pembelian bahan makanan dan lain sebagainya. Itulah sebabnya dalam menentukan harga jual anda harus mempertimbangkannya dengan sangat hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan harga jual untuk menu coffee shop.

  1. Mengamati Harga Pasar

Anda dapat membandingkan harga dengan kompetitor anda yang menjual produk yang sama dengan produk yang anda miliki. Amati juga bagaimana pelayanannya, fasilitasnya dan bagaimana kualitas rasa produknya.  Dari  pengamatan-pengamatan tersebut anda dapat mempertimbangkan harga makanan dan minuman di coffee shop anda. Karena tidak mungkin anda mematok harga yang sama bahkan lebih bila penawaran yang dilakukan pesaing anda lebih menarik.

  1. Menghitung Biaya

Menghitung semua biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu buah menu bertujuan agar anda dapat mengetahui harga pokok untuk menu tersebut. Perhitungan biaya dapat sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan harga jual menu tersebut.

Pada teorinya, food cost memegang 35-45% dari harga jual makanan. Sedangkan beverage cost memegang sekitar 21% dari harga jual minuman. Dan semakin besar persentase food cost atau beverage yang diterapkan tersebut, maka semakin kecil pula keuntungan yang anda dapatkan. 

  1. Melihat Nilai Tambah

Setelah anda mengetahui harga pokok penjualan anda, anda dapat menambahkan harga nilai tambah untuk menu tersebut. Anda dapat mengkomunikasikan nilai dari kualitas menu anda dari harga. Bisa dikatakan, nilai tambah dapat dilihat dari:

  • Grade Kopi
    Bagaimana kualitas kopi yang digunakan, dan proses apa yang dipakai dalam pengolahannya. Semakin bagus kualitas kopi yang anda gunakan, maka semakin besar juga nilai tambah yang dapat anda tambahkan untuk menu tersebut
  • Bahan yang digunakan

          Dengan menggunakan bahan-bahan premium / unggulan, anda dapat menghasilkan cita rasa yang istimewa pada menu anda.

  • Competitive Advantage

          Hal lain yang dapat anda jadikan nilai tambah adalah merk, design dan suasana coffee shop, fasilitas yang didapatkan.

Atau anda dapat mencoba dengan memberi rating “good, better, best” di buku menu. Biasanya akan banyak para pelanggan yang memilih menu dengan predikat “better” yang harganya menengah. Tapi jangan khawatir, pasti juga akan ada banyak orang yang yang memilih predikat “best” dan tidak bermasalah untuk bayar lebih mahal buat makanan pesanannya. Tapi ingat, predikat “best” dan “better” tidak akan terlalu menarik bagi pelanggan jika Anda tidak memasukkan menu dengan predikat “good”.

  1. Melakukan Penyesuaian.

Anda dapat mempertahankan harga yang sudah anda buat, tetapi anda juga harus menyesuaikan harga tersebut dalam setahun. Tentukan berdasarkan respons pelanggan dan pasar. Jika harga pasar naik, harga juga harus naik. Kenaikan harga secara continue akan lebih disukai oleh pelanggan dibandingkan dengan kenaikan harga secara tiba-tiba.

Bisa dikatakan bahwa menentukan harga jual menu ada hubungannya posisi anda di dalam pasar. Kenali merek dan target pasar anda, gunakan naluri dan pengamatan bisnis anda untuk beradaptasi agar dapat membuat inovasi.

Menentukan harga jual menu di coffee shop merupakan sesuatu yang amat sangat penting. Dengan mengetahui margin laba kotor dan faktor psikologi di balik setiap menu, anda akan lebih mudah dalam menentukan harga jual makanan yang anda tawarkan.

Didalam paket kemitraan Coffeeland Indonesia, anda tidak perlu memikirkan menghitung harga jual menu anda, karena kami memberikan perhitungan Harga Pokok Produk dan patokan harga jual untuk menu-menu yang kami miliki. Anda bisa menjadi mitra kami. Karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5  juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami, silahkan hubungi via What’s App >> Silahkan Klik : 

Source: 1, 2.

Leave a Reply