CARA MENIKMATI ESPRESSO LANGSUNG TEGUK ATAU DIADUK DULU?

Perdebatan soal menikmati espresso langsung diteguk atau diaduk, sama seperti perdebatan saat kita akan memakan bubur ayam, apakah cara menikmati espresso yang enak jika diaduk atau langsung?

Jika dulu saat kedai kopi masih sedikit jumlahnya dan kopi hanyalah secangkir kafein semata, kebanyakan para #pecintakopi tak pernah berpikir untuk mengaduk espresso

sebelum diteguk. kala itu espresso adalah minuman kecil memikat yang hadir untuk langsung diteguk tandas, begitulah.

Lalu masuklah era ketika kopi dirayakan kecil-kecilan. Maka teman-teman seperkopian mulai menggoyangkan cangkir espresso-nya sebelum tandas ditegukan. Menggoyangkan cangkir berarti menggerakkan cangkir dengan gerakan memutar dalam rangka agar krema di permukaan menyatu pada espresso bagian bawah. Meski bedanya hanya pada suhu yang sudah sedikit turun ketimbang langsung diteguk.

Namun kini hampir semua orang (termasuk orang-orang yang dahulunya menggoyangkan cangkir) mengaduk espresso mereka sebelum diteguk. Pun kedai-kedai kopi sudah menyajikan sendok kecil di cangkir espresso. Ada apa gerangan? Ternyata oh ternyata banyak orang yang setuju bahwa espresso akan lebih ‘keluar’ rasanya jika diaduk dulu sebelum diteguk.

Ternyata benar bukan bualan bahwa espresso yang diaduk terlebih dahulu memberikan rasa yang lebih kompleks, intens, kaya dan seringnya menyenangkan.

Untuk anda yang menginginkan rasa espresso yang sejatinya, maka mengaduknya adalah cara paling memungkinkan untuk mendapatkan nikmat itu. Bahkan disarankan untuk mengaduknya 20 detik sembari membiarkan temperaturnya turun sedikit. Cara mengaduk inilah yang mendekati ideal. Espresso menjadi kompleks, intens, aromatik dan syrupy.

Oh iya, sebagai tambahan tips sebaiknya anda minum air putih atau akan lebih baik jika ada sparkling water sebelum menikmati espresso. Hal ini membersihkan paletmu dari apa saja, termasuk bubur, gorengan atau apapun yang anda santap saat sarapan sebelum meneguk espressomu! Selamat ngopi:)

Terkait kopi dan peralatan seduh, Coffeeland menyediakan Kopi Arabika asli Indonesia,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Coffeeland Indonesia juga menyediakan mesin espressogrinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian grinder dan mesin kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via Whatsapp.

 

  

Source: majalah.ottencoffee.co.id

Leave a Reply

WhatsApp chat