TUTORIAL SEDUH KOPI DENGAN VIETNAM DRIP

Vietnam dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar nomor 2 di dunia, setelah itu Kolombia di urutan ketiga, lalu Indonesia di urutan ke empat. Oleh karena melimpahnya hasil kopi di negara mereka, kehidupan masyarakat disana pun lantas tidak pernah lepas dari yang namanya kopi.
Bahkan, dalam kebudayaan mereka, masyarakat disana memiliki alat seduh khusus yang dinamakan Vietnam Drip. Vietnam drip yaitu metode alat seduh yang menghasilkan minuman dengan cara ekstraksi lewat tetesan. Dripper berbentuk seperti gelas metal dan terdiri dari tabung, plunger, dan tutup metal. Dulunya, alat seduh ini biasa dipakai masyarakat di warung – warung kopi sederhana maupun dirumah mereka masing – masing. Namun, belakangan ini, alat seduh sederhana ini semakin populer di beberapa cafe di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia.

Cara menyeduh kopi dengan metode Vietnam Drip

Source

Pemakaian alat seduh ini cenderung sangat sederhana, layaknya bentuknya yang juga sederhana berbahankan stainless steel. Untuk memulai penyeduhan, pertama sekali anda harus siapkan bubuk kopi yang sudah digiling dengan level medium. Rasio perbandingan bubuk kopi dengan air biasanya 10 gram : 120 ml.

Sebelum memasukkan bubuk kopi kedalam filter stainless steel pada alat Vietnam Drip, cuci terlebih dahulu alat yang ingin digunakan. Apalagi jika alatnya baru anda beli, kebersihan alat itu penting agar rasa kopi dan kebersihannya lebih terjaga.

Kemudian, masukkan bubuk kopi sebanyak 10 gram kedalam filter, lalu ratakan bubuk kopi dengan plunger yang tersedia dan biarkan plunger tetap berada didalam filter, kemudian siapkan air panas mendidih dengan suhu sekitar 92- 95 derajat celcius. Setelah bahan – bahannya siap, lalu kita mulai pada proses penyeduhan.

Untuk memulai penyeduhan, terlebih dahulu tuang air panas sebanyak 20 ml lalu diamkan selama 20 detik, proses awal ini sangat penting agar bubuk kopi terekstraksi secara sempurna. Setelah 20 detik, selanjutnya tuang semua air panas yang tersisa kedalam filter, lalu tutup filter.

Biasanya, proses penyeduhan akan berlangsung cukup lama, yakni sekitar 4 -5 menit. Setelah 4 menit, cobalah cek kembali filter, apakah masih ada tersisa air atau belum. Jika proses penyeduhan selesai, tekan – tekan bubuk kopi basah dengan plunger untuk memastikan air sudah turun semua.

Setelah proses selesai, kopi Vietnam sudah siap untuk anda nikmati. Supaya lebih enak, anda bisa tambahkan susu kental manis.

Untuk membuat kopi dengan metode Vietnam Drip, Anda tidak selalu harus menggunakan kopi yang berjenis robusta seperti di negara asalnya. Kopi arabika bisa digunakan jika itu sesuai dengan selera Anda.
Jika Anda menggunakan kopi jenis arabika, ada baiknya menggunakan kopi dengan karakter body yang bold dan di-roasting pada tingkat medium hingga dark. Sebab, minuman kopi Vietnam ini menggunakan campuran krimer kental manis dalam jumlah yang cukup banyak (2-4 sdm). Menggunakan biji kopi dengan karakter body yang light akan membuat sajian terasa terlalu manis.

Untuk kopi Arabica  dapat dipesan di Coffeland Indonesia. Kami juga menyediakan,  Arabika Aceh Gayo SpecialtyArabika Papua Wamena Specialty, Arabika Bali Kintamani SpecialtyArabika Flores Specialty, Arabika Java SpecialtyArabika Malabar Specialty, Arabika Sumatera Mandheling, dan Arabika Toraja Specialty.. Kemasan mulai 250gr, 500gr dan 1Kg. Kami jugfa menyediakan peralatan manual brewing

 

 

  

 

 

 

source: 1

Leave a Reply