CARA MUDAH MENGGUNAKAN MESIN ESPRESSO

 

Bagi pencinta kopi tentu meminum kopi setiap hari menjadi suatu kebutuhan. Namun, terkadang menikmati kopi bukan perkara mudah karena Anda harus menyeduh kopi terlebih dahulu. Tak jarang banyak orang yang memesan kopi di kedai kopi / coffee shop favorit mereka.

Ada banyak sekali minuman berbasis espresso yang dapat Anda pesan seperti cappuccino, latte, dan macchiato. Sebagai bahan utama membuat berbagai varian menu Kopi, espresso dihasilkan dari ekstraksi kopi dan air dengan meggunakan mesin espresso.

Sekilas, membuat espresso dengan menggunakan mesin kopi / mesin espresso terlihat sangat sulit, khususnya untuk para barista pemula. Terlebih jika pada mesin espresso tersebut terdapat banyak knobs atau tombol yang harus ditekan.

Pada umumnya setiap mesin espresso memiliki fitur yang hampir sama, seperti: Portafilter, Grouphead, Steam Wand, Hot Water Spigot, dan Shot Buttons.

Saat ini sudah banyak jenis mesin espresso dipasaran untuk memudahkan Anda dalam membuat kopi. Selain praktis, mesin ini pun bisa meringkas waktu Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara menggunakan mesin espresso. Yuk, simak cara mudah menggunakan mesin espresso berikut ini.

Cara Menggunakan Mesin Espresso

  • Lepaskan portafilter dari grouphead dan bersihkan bagian tersebut untuk menghilangkan sisa residu.
  • Masukan kopi yang sudah digiling menggunakan coffee grinder ke dalam portafilter.
  • Ratakan kopi yang berada di dalam portafilter dengan menggoyang portafilter dalam gerakan melingkar. Pastikan untuk menghilangkan remah-remah kopi yang tersisa di sekitar tepi portafilter.
  • Padatkan kopi yang ada di dalam portafilter dengan menggunakan metal tamper. Bagian atas kopi harus halus dan rata.
  • Pasang portafilter kembali ke grouphead.
  • Lalu brewing kopi tersebut. Biasanya dalam sebuah mesin espresso ada beberpa opsi berupa single shot, double shot atau triple shot.
  • Perhatikan waktu yang dibutuhkan mesin espresso untuk menghasilkan espresso yang sesuai dengan preferensi Anda.
  • Setelah jadi, tuanglah shot ke dalam cangkir espresso.
  • Letakkan cangkir espresso diatas tatakan cangkir, lalu sajikan ke pelanggan.

Cara Steaming Susu

  • Keluarkan Air pada Steam Wand dengan cara memutar atau memencet steam knob, agar air yang tersimpan dalam steam wand tersebut tidak masuk dan tercampur ke dalam susu yang akan kita steam.
  • Posisikan ujung steam wand sedikit terapung di permukaan susu dan sedikit menyamping agar ketika steam dihidupkan susu akan berputar seperti pusaran air.
  • Stretching dilakukan hingga kita sudah memasukan uap ke dalam susu dengan cukup, maksudnya jika semakin banyak uap yang anda masukan semakin tebal foam yang terbuat. Foam tebal biasanya digunakan untuk membuat Cappuccino. Untuk menciptakan microfoam yang sempurna masukan uap ke dalam susu hingga permukaan susu naik setinggi 1-1,5 cm.
  • Setelah memasukan uap ke dalam susu, tahap berikutnya adalah milk rolling, yaitu dengan cara menenggelamkan ujung steam wand sedikit sampai tidak lagi mengeluarkan suara”kissing sound“, dan diamkan berputar membuat pusaran air sampai suhu yang diinginkan. Kita bisa merasakan suhu susu dengan cara memegang samping milk jug dengan telapak tangan. Proses ini dilakukan terus hingga suhu susu sudah mencapai suhu yang diinginkan. Susu yang terlalu panas juga dapat menghilangkan rasa manis dari susu.
  • Setelah selesai jangan lupa untuk membersihkan bekas susu yang masih tertinggal pada steam wand dengan lap khusus. Dan jangan lupa untuk mengeluarkan sisa susu yang tertinggal di dalam steam wand dengan cara memutar atau memencet steam knob, dengan begitu sisa sisa susu yang tertinggal akan keluar.
  • Setelah melakukan steaming, jika pada susu masih terlihat gelembung gelembung besar hancurkan gelembung tersebut dengan mengetuk dasar milk jug di permukaan yang datar seperti meja kayu dan lainnya.

Peraturan utama dalam melakukan steaming susu adalah susu tidak boleh di steam dua kali. Lebih baik kita belajar mengira-ngira berapa takaran susu yang pas untuk di steam. Mengapa demikian? Protein dalam susu hanya bisa dipecah satu kali, saat kita memanaskan susu lebih dari sekali, rasa susu akan terasa aneh karena ada sensasi “gosong”nya. Hentikan proses steaming saat susu mencapai suhu yang Anda inginkan, biasanya sekitar 150F

Tidak sulit bukan belajar cara menggunakan mesin espresso? Jika Anda masih kesulitan, ada baiknya untuk belajar langsung dengan barista profesional yang lebih berpengalaman atau Anda juga bisa mengikuti pelatihan barista. Selamat meracik kopi dan membuat pelanggan Anda terpesona dengan Kopi yang Anda ciptakan.

Untuk pembelian mesin espresso, Coffeeland Indonesia menyediakan mesin espresso, grinder, perlengkapan manual brewing, dan berbagai produk pembersih dan perawatan mesin kopi dan grinder untuk anda.

Saat ini Cofeeland Indonesia mengadakan Promo Pembelian Paket Bundling untuk mesin Bellezza Chiara dan Grinder Astoria 64E. Anda bisa mendapatkan potongan harga dan bonus menarik lainnya dengan melakukan pembelian langsung paket Bundling Bellezza Chiara dan Grinder Astoria 64E. Untuk pembelian dan pemesanan dapat menghubungi Tim Marketing via Whatsapp.

 

  

 

 

 

 

 

 

 

Source: nibble.id