DEFINISI MEREK DAN STRATEGI BRANDING VISUAL KEDAI KOPI

Bisnis di industri kopi sekarang ini banyak digandrungi oleh para pelaku bisnis, terbukti dengan banyaknya kedai kopi maupun kios kopi di berbagai kota. Bagi anda para pebisnis pemula yang berencana membuka kedai kopi, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, salah satunya merek (brand) dan branding visual. Apa itu merek? Apa itu Branding Visual?

Definisi Merek

Merek atau brand adalah nama, gambar, atau simbol yang digunakan untuk mengidentifikasi brand kedai kopi anda guna membedakan dengan brand kedai kopi yang lain.

Strategi pemasaran merek dalam bisnis kedai kopi yang baik akan membuat sebuah brand dapat dikenal oleh publik. Proses brand building membutuhkan waktu yang cukup dan harus dikerjakan dengan sistematis dan kontinyu. Brand yang kuat ditandai dengan dikenalnya brand tersebut oleh masyarakat luas.

Pengertian branding visual

Branding visual adalah pengaruh yang diakibatkan oleh suatu bentuk visual untuk mendifferensiasikan brand. Elemen-elemen dalam branding visual terdiri dari; brand (merek, logo) yang berbentuk teks, visual atau dapat juga keduanya. Warna (produk, korporat), dan komposisi elemen penyusun lainnya.

Dalam strategi visual branding terdapat 4 tahap diantaranya: Differensiasi, Kolaborasi, Inovasi, Evaluasi, dan Manajemen.

  1. Differensiasi

Agar berhasil, kedai kopi harus mempunyai pembeda dengan kedai kopi lainnya. Pembeda tersebut bisa berasal dari produk kopinya, kulitas rasanya, varian kopinya, dan desain packing kopi.

  1. Kolaborasi

Brand building tidak bisa dikerjakan oleh pribadi saja. Pemilik kedai kopi harus bekerjasama dan berkolaborasi dengan produsen dan supplies pendukung. Sehingga kedai kopi anda bisa menjadi Top of Mind.

  1. Inovasi

Produk kopi yang tidak diperbarui akan lenyap ditelan waktu. Para pemilik kedai kopi harus menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempertahankan eksistensi kedai kopi.

  1. Evaluasi

Tingkat konsumen kedai kopi anda harus selalu evaluasi. Biasanya dilakukan survey untuk melihat tingkat banyaknya konsumen yang datang.

  1. Manajemen Brand

Mempelajari bagaimana mengelola sebuah brand secara dan terencana, mulai dari produk menjadi produk bermerek sampai produk tersebut ada di pasaran (masuk dalam market) dan dikenal publik luas.

Bagi anda yang ingin membuka usaha kedai kopi dengan brand anda sendiri, anda dapat bermitra dengan Coffeland Indonesia. karena Coffeeland Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Anda hanya perlu menyediakan lokasi dan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta. Biaya ini akan digunakan untuk membeli peralatan, pembelian bahan baku, biaya pelatihan karyawan, hingga membantu proses pemasaran. Anda dipersilahkan untuk menggunakan brand milik Anda sendiri dan tidak dibebani oleh biaya royalti/fee apapun. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket Kedai Kopi, silahkan hubungi Tim Marketing kami via What’s App.

  

Sumber: Saveasbrand.com

Leave a Reply

WhatsApp chat